Dinamai Xiaomi EV, Inilah Bukti Xiaomi Terjun ke Dunia Mobil Listrik

Otomotif 4 Sep 2021

Sepertinya minat dari berbagai perusahaan teknologi terhadap dunia otomotif memang hanya masalah waktu sampai benar-benar terjadi.

Lihat saja Apple yang menggaet perusahaan manufaktur LG dan Magna International demi merealisasikan proyek mobil listrik mereka (kalian bisa membacanya lewat artikel berikut). Bahkan Huawen sudah 'curi start' duluan dengan meluncurkan Huawei Seres SF5 yang bisa kalian baca artikelnya disini.

Sekarang, giliran Xiaomi yang 'unjuk gigi' dengan langsung terjun ke pasar mobil listrik.

Namanya Xiaomi EV Inc.

Dihimpun dari The Drive, Xiaomi resmi mendirikan perusahaan mobil listrik pertamanya, dinamai Xiaomi EV (Electric Vehilcle) Inc. Pengumuman ini diberikan secara langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun dan akun Twitter resmi dari Xiaomi.

Sebagai tahap awal, Xiaomi akan memberikan investasi sebesar 10 milyar Yuan atau sekitar 22 triliun Rupiah untuk ditanamkan pada perusahaan EV tersebut, terutama untuk penelitian dan pengembangan (R&D). Serta akan merekrut sekitar 300 karyawan untuk diperkerjakan oleh Xiaomi demi merealisasikan proyek mobil listrik.

Ditargetkan dalam 10 tahun yang akan datang, Xiaomi akan menginvestasikan sebesar 10 milyar Dollar AS atau sekitar 142,4 triliun Rupiah. Diyakini akan memperkuat posisi Xiaomi di dunia mobil listrik.

Masih belum banyak detail yang diungkap, tetapi pengumuman tersebut menguraikan visi perusahaan: “Xiaomi berharap dapat menawarkan kendaraan listrik pintar berkualitas untuk memungkinkan semua orang di dunia menikmati kehidupan cerdas kapan saja, di mana saja.

Meski sudah mendirikan perusahaan mobil listrik sendiri, Xiaomi EV dilaporkan akan bermitra dengan Great Wall Motors untuk membantu proses produksi. Belum ada kepastian kapan mobil listrik Xiaomi bakal diluncurkan. Rumor mengatakan bahwa mobil listrik Xiaomi baru bakal diperkenalkan pada tahun 2023 mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.