[First Look] DotOS 5.2 Hadir Dengan Fitur Dan Tampilan Yang Android 12 Banget!

Teknologi 15 Sep 2021
Sekilas fitur dari DotOS 5.2 (DotOS Blog)

Jika kalian adalah orang yang hobi ngoprek smartphone android, pasti diantara kalian ada yang pernah mencoba Android 12 Beta. Tapi jika kalian lebih senang ROM Android 11 dengan kestabilannya namun dengan fitur dan tampilan layaknya Android 12, mungkin ROM ini bisa kalian coba di smartphone kalian.

DotOS versi 5.1 kemarin membuat kami terkesima karena ROM ini adalah ROM Android 11 pertama yang membawa fitur themeing ala Android 12. Dinamai MonnetWannabe, fitur ini dapat menyesuaikan warna tema sesuai dengan wallpaper yang kalian pakai.

Monet Wannabe yang disempurnakan di DotOS 5.2 (DotOS Blog)

Dan di varian terbarunya, fitur ini semakin disempurnakan dengan elemen desain yang mirip sekali dengan apa yang bisa kalian temui di Android 12 Beta 5. Terlebih dengan dukungan theme engine yang kini menggunakan zcam-based color generation engine dari kdrag0n dan MonetCompact support library dari Quinny899 yang membuat dynamic themeing bisa menjangkau beberapa bagian lain dari SystemUI.

Game Dashboard Android 12 kini hadir di Android 11 lewat DotOS 5.2 (DotOS Blog)

Selain itu, ada modus gaming terdedikasi yang terinspirasi dari Game Dashboard milik Android 12. Fungsinya untuk memblokir notifikasi yang masuk saat bermain gim dan menghadirkan kontrol in-game untuk mengambil screenshot dan merekam layar.

Selain dua fitur diatas, ada manajer baterai baru dengan beberapa profil baterai yang dapat menghemat baterai kalian. Dan hadirnya beberapa widget jam baru yang menggunakan desain yang mirip dengan widget di Android 12.

Selain fitur yang kami jelaskan di atas, kalian bisa membaca detail perubahannya melalui https://changelogs.droidontime.com/

Mengutip XDA Developers, ROM ini sudah bisa kalian download melalui laman resmi DotOS. Namun saat kami cek, baru beberapa perangkat saja yang menerima update dari ROM ini, seperti Redmi 4A, Redmi Note 4 dan Redmi Note 7 Pro.

Untuk review detailnya, kami akan membuatnya saat ROM ini tersedia untuk Redmi Note 5 baik secara official maupun unofficial. Jadi tetaplah bersama kami untuk ulasan lengkapnya.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.