Kompabilitas Aplikasi Android Untuk Windows 11 Ditunda Hingga Tahun Depan

Teknologi 1 Sep 2021

Ketika Microsoft resmi mengumumkan Windows 11 pada bulan Juni silam, OS terbaru ini hadir dengan beberapa fitur menarik seperti desain UI baru, snap layout, dan masih lebih banyak lagi. Akan tetapi, fitur yang paling menarik perhatian publik dari Windows 11 adalah kompabilitas aplikasi Android hasil kolaborasi dengan Amazon Appstore. Sayangnya, sepertinya penggemar harus bersabar lebih lama lagi untuk mencicipinya.

Ditunda Hingga Tahun 2022 Mendatang

Sebagaimana yang dilansir melalui Windows Central, Microsoft melalui blog resminya baru saja mengumumkan bahwa Windows 11 akan mulai tersedia 5 Oktober mendatang untuk PC maupun Laptop Windows 10 yang kompatibel, beserta fitur yang akan hadir pada versi rilis.

Sayangnya, kompabilitas aplikasi Android yang ditunggu-tunggu tidak akan hadir pada versi peluncuran, artinya kemungkinan besar fitur ini baru akan hadir suatu hari pada tahun 2022 mendatang. Tidak diketahui kapan pastinya fitur ini akan tersedia untuk Windows 11 kelak nantinya. Bisa saja fitur ini dihadirkan melalui melalui feature update Windows 11 versi 21H2, atau bisa saja Microsoft menghadirkannya melalui feature update Windows 11 versi 22H2, yang direncanakan hadir pada musim gugur 2022.

Microsoft sebelumnya bekerja sama dengan Amazon dan Intel untuk menghadirkan kompabilitas aplikasi Android di Windows 11. Amazon akan menyediakan aplikasi Android untuk diunduh melalui Amazon Appstore, sedangkan Intel mengerjakan teknologi bridge API yang memungkinkan platform x86 untuk dapat menjalankan aplikasi Android berbasis ARM.

Kembali lagi, kompabilitas aplikasi Android untuk Windows 11 sepertinya masih butuh waktu lama untuk terealisasi. Jika masih penasaran dengan fitur ini, mungkin kalian bisa mencicipinya dengan menjadi beta tester melalui Windows Insider Program.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (เน‘>โ—ก<เน‘). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)