Kompetisi PUBG Esports Dilarang di Tiongkok

Gaming 29 Sep 2021

Mengaitkan pemerintah Tiongkok dengan industri video game, mungkin yang terlintas di pikiran adalah gencarnya pengetatan yang dilakukan oleh pemerintah. Setelah sebelumnya berencana untuk membatasi jam bermain untuk anak dibawah umur menjadi 1 jam di akhir pekan yang berujung penundaan setelah diprotes banyak pihak, kini pengetatan pun berlanjut ke ranah ekosistem esports.

Seperti yang dilansir melalui Sports Bussiness Journal, China Culture Management Association Esports Committee menyatakan bahwa game Player Unknown's Battleground (PUBG) telah dilarang untuk diikutsertakan dalam kompetisi esports di Tiongkok. Yibo Zhang selaku wakil presiden menjelaskan bahwa PUBG masih belum mendapat persetujuan dari badan regulator pemerintah Tiongkok, National Press and Publication Administration (NAPP).

"Pelarangan ini akan mempengaruhi panitia penyelenggara turnamen PUBG, tim, kreator konten, streamer, dan juga pemain profesional. Masih belum jelas apakah PUBG juga akan dilarang di platform live streaming, sejauh ini hanya berlaku untuk ruang lingkup kompetisinya saja," kata Zhang kepada SBJ.

Sejauh ini bukan hanya PUBG saja yang masih belum menerima persetujuan dari NAPP, game lain seperti Valorant dan Apex Legends juga masih menunggu 'lampu hijau' dari pemerintah Tiongkok. Belum diketahui apakah pelarangan ini akan mempengaruhi ajang PUBG Global Championship yang akan diadakan 19 Oktober mendatang.

Pengetatan industri video game oleh pemerintah Tiongkok sudah lama gencar dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu yang terbaru adalah Komite Publikasi Game Tiongkok yang mengadakan konvensi melibatkan 213 pengembang demi memerangi kecanduan game, salah satunya dengan mengusulkan pembatasan jam main bagi anak dibawah umur dan aturan untuk membatasi kompetisi esports.

Sumber: The Esports Observer

Bicara soal PUBG, Tencent selaku pengembang dari PUBG Mobile sampai harus "merombak" berbagai elemen dalam game dan merilis ulang dengan nama Peacekeeper Elite demi memenuhi regulasi video game yang ketat di Tiongkok. Meski begitu, PUBG Mobile sendiri masih dimainkan oleh banyak fans terutama di region Asia.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.