Koneksi Indihome dan Telkomsel Bermasalah, Netizen 'Merana'

Teknologi 19 Sep 2021

Apakah kalian pengguna Indihome maupun Telkomsel sempat merasakan adanya gangguan pada koneksi internet baru-baru ini?

Ya, dugaan anda memang benar, sebagaimana layanan internet IndiHome dilaporkan bermasalah. Sebagian pengguna IndiHome mengeluh layanan internet tersendat hari ini, Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 18.30 Waktu Indonesia Barat.

Berdasarkan pantauan #MedForSquad melalui lini masa Twitter, pengguna mengeluhkan lambatnya internet Indihome, seperti melalui berbagai kicauan berikut:

Berdasarkan halaman downdetector, laporan gangguan layanan ini berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya, sebagaimana yang dilihat berikut:

Sumber: downdetector.id

Gangguan Komunikasi Fiber Laut

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, mengatakan bahwa gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak menjadi penyebab gangguan koneksi internter Indihome.

"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini," kata Ahmad melalui pernyataan resmi pada hari Minggu (19/9).

Ahmad mengatakan bahwa Telkom Indonesia sedang menginvestigasi penyebab gangguan internet. Indihome juga telah mengeluarkan pernyataan melalui akun resmi Twitter mereka mengenai gangguan koneksi yang terjadi.

Gangguan Telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, juga mengatakan bahwa pihak Telkomsel telah melakukan upaya pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Menurutnya, gangguan tersebut dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," kata Denny.

Adapun gangguan ini hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel, sedangkan layanan telepon dan SMS sama sekali tidak mengalami gangguan.

"Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," kata Denny.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.