OnePLus 9/Pro Dapatkan Update Fitur Kamera Hasselblad XPan

Teknologi 19 Sep 2021

Seri OnePlus 9 merupakan hasil kerjasama antara perusahaan OnePlus dengan brand kamera ternama Hasselblad. Pada pertamanya hasil kerjasama dengan Hasselblad ini hanya dalam keakuratan warna hasil jepretan kamera pada seri OnePlus 9.

Sekarang hasil kerjasama ini dilebarkan dengan mendapatkannya sebuah update fitur yang membawakan mode kamera ikonik dari Hasselblad ke Seri OnePlus 9. Dilansir dari AndroidAuthority fitur XPan akan hadir pada update Oxygen OS versi 11.2.9.9 untuk OnePlus 9 dan 9 Pro. Sayangnya, untuk OnePlus 9R tidak mendapatkan update fitur ini.

Setelah memperbarui OS, pengguna tinggal buka aplikasi kamera default lalu geser ke atas untuk pilih mode kamera dan ketuk mode XPAN.

Pada mode XPan di OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro, pengguna hanya bisa mengambil foto dengan rasio 65:24. di mode ย ini ada beberapa tombol ganti ย 30mm atau 45mm focal lengths, tombol ganti foto B&W atau foto berwarna, dan tombol exposure. Berikut hasil foto dari mode kamera XPan di seri OnePlus 9:

Sumber: Android Authority
Sumber: Android Authority
Sumber: Android Authority
Sumber: Android Authority

Ada sentuhan kecil dari OnePlus berupa efek animasi yang mereplikasi film negatif saat mengambil foto dengan mode XPan.

Jika pengguna mengambil gambar dengan focal length 30mm, berarti foto yang dihasilkan sebesar 12MP dan diambil dengan lensa ultra-wide. Sedangkan jika pengguna menggunakan focal length 45mm foto yang dihasilkan juga sebesar 12MP dan diambil dengan lensa utama. Mode ini menghasilkan foto dengan resolusi masing-masing 7,552x2,798 dan 7,872x2,916.

Kamera XPan yang asli dari Hasselblad didesain untuk bisa mengambil foto panorama pada film tradisional 35mm. Pengguna kamera XPan dapat mengubah mode panorama ke rasio 65:24 tanpa mengganti rol film. Sebaliknya pengguna kamera XPan dapat ubah balik rasio foto ke 4:3 hanya dengan satu kamera.

Dengan update fitur ini diharapkan menjadi perhitungan lagi bagi pembeli yang meragukan kerjasama antara OnePlus dengan Hasselblad.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Rarely writing

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.