Pemain Battlefield 2042 Beta Versi Konsol Mengeluhkan Posisi Grenade Button yang Tidak Lazim

Gaming 30 Sep 2021

Dalam bermain game bergenre first person shooter (FPS), apalagi untuk game bertema perang seperti Battlefield 2042, mungkin aksi melempar granat merupakan salah satu strategi dalam permainan. Akan tetapi, entah bagaimana aksi "lempar granat" ini menjadi sebuah kontroversi dalam game FPS ini, sebagaimana implementasi dari EA DICE sebagai pengembangnya.

Berpindah Dari Trigger Button ke D-Pad

Sebagaimana yang dilaporkan melalui Game Rant, terdapat sebuah thread populer di forum Reddit oleh lapinporo13 yang membahas tentang posisi grenade button untuk kontroler PlayStation 5 yang dianggap tidak lazim dan canggung. Thread ini sendiri sudah mendapatkan lebih dari 2.500 upvote dan hampir 400 komentar saat artikel ini ditulis.

Sumber: lapinporo13 on Reddit

Umumnya, tombol untuk melempar granat diletakkan pada tombol bumper atau trigger di sebelah kanan (Entah R1 maupun R2). Namun sekarang aksi tersebut dipindah ke tombol d-pad. Karena tombol d-pad sendiri berada di sisi yang sama dengan joystick kiri, maka pemain harus melepaskan jempol dari joystick kiri ke d-pad, memaksa untuk berhenti bergerak sesaat untuk melempar granat.

Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan jari telunjuk untuk menekan d-pad serta jari tengah dan jari manis untuk tombol L1 dan L2, namun teknik ini belum tentu dikuasai semua orang.

Sekarang tombol R2 digunakan untuk menembak dan tombol R1 untuk fitur menu "call-in" dengan cara menekan bersama dengan L1. Menu ini memungkinkan pemain untuk memanggil bantuan, entah itu kendaraan, supply drops, maupun yang lainnya.

Pemain pun Kebingunan

Berdasarkan pengamatan dari thread Reddit itu sendiri, beberapa pemain kebingunan dengan keputusan dari EA DICE terhadap mapping kontroler ini, entah itu adalah salah satu 'ekspreimen' atau lain hal.

Para pemain berkomentar bahwa mereka berharap skema kontrol tersebut dapat diatur ulang nantinya. Ada juga yang berkomentar bahwa tombol tersebut untuk "grenade cooking" (teknik mencabut sumbu granat sebelum dilemparkan) dan menekan tombol R2 untuk melemparnya.

Semoga ada penjelasakan lebih lanjut dari EA saat Battlefield 2042 mulai memasuki masa open beta pada 6 Oktober, sebelum dirilis resmi untuk PC, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada 19 November mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.