Daihatsu Rocky e:Smart Terpantau Sedang Diuji Di Malaysia

Otomotif 7 Okt 2021
Sebuah Daihatsu Rocky berwarna putih yang diduga kuat merupakan Rocky varian Hybrid tertangkap kamera berada di jalanan Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia (Paul Tan)

Di saat Daihatsu mulai mempromosikan Rocky e:Smart di Jepang sebelum dijual pada November tahun ini, Daihatsu Rocky e:Smart juga mulai diuji di Asia Tenggara. Salah satu yang terbaru, mobil ini tengah diuji di Malaysia, yang menjadi basis produksi Perodua Ativa, SUV kompak berbasis Daihatsu Rocky A250.

Salah satu media di negeri jiran, Paul Tan, melaporkan bahwa seseorang di grup komunitas Perodua Ativa bernama Alex Tung memotret Daihatsu Rocky e:Smart tengah diuji di kawasan Bukit Bintang. Salah satu hal yang menandakan bahwa mobil yang tertangkap kamera merupakan Rocky e:Smart ialah dari pengunaan velg dan grill dengan model yang berbeda dari Rocky bermesin non-hybrid.

Brand otomotif lokal yang bermitra dengan Daihatsu di Malaysia, Perodua, dikabarkan tengah menguji powertrain WA-VEX beserta sistem e-Smart Hybrid milik Daihatsu sebelum nantinya diaplikasikan ke produk lokal mereka. Hal yang serupa juga dilakukan pada saat Perodua menguji Daihatsu Move dan Tanto di jalanan Malaysia untuk menguji fitur keselamatan aktif yang penerapannya dilakukan di produk Perodua yang beredar sekarang.

Nantinya, hasil pengujian mesin dan sistem e-Smart Hybrid tersebut akan digunakan di model-model Perodua yang akan diluncurkan di masa depan, seperti di Alza generasi terbaru yang akan satu basis dengan Avanza dan Xenia generasi terbaru, atau mungkin di Ativa, yang juga satu basis dengan Rocky dan Raize. Seperti apa realisasinya? kita tunggu saja.

Sementara itu, Harga Daihatsu Rocky e:Smart Mulai Terkuak di Jepang

Kembali ke tanah kelahiran Daihatsu Rocky A250 di Jepang, daftar harga dari Daihatsu Rocky edisi tahun 2021/2022 mulai terkuak. Sebagaimana yang dikutip dari instagram Indra Fathan, Daihatsu Rocky 2021/2022 dikabarkan mengalami beberapa improvement diluar hadirnya varian bermesin hybrid.

Penampakan tipe-tipe Daihatsu Rocky 2022 (Spek Jepang) (Instagram/Indra Fathan)

Dari gambar diatas, bisa dilihat beberapa tipe Daihatsu Rocky non-hybrid kini hadir dengan rem parkir elektrik yang sama seperti di Rocky e:Smart. Serta, mesin WA-VE yang hadir di Rocky spek Indonesia juga hadir di Jepang.

Sementara untuk varian e:Smart, ia dibagi ke dalam 2 varian, yaitu Premium G HEV dan X HEV. Kedua varian tersebut dibanderol mulai dari 2.116 juta Yen atau sekitar 270,8 juta Rupiah hingga 2.350 juta Yen atau sekitar 300,8 juta rupiah.

Lalu untuk varian non-hybrid, ia akan dijual seharga 1.667 juta Yen atau sekitar 214,6 juta Rupiah untuk varian L bermesin 1.200cc hingga 2.310 juta Yen atau sekitar 295,6 juta Rupiah untuk varian Premium G bermesin 1.000cc Turbo.

Jadi, sudah siapkah kalian menyambut mobil hybrid besutan Daihatsu yang satu ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.