Gawat, Malware Android 'GriftHorse' Ancam 10 Juta Pengguna Android!

Teknologi 2 Okt 2021

Pengguna Android harus waspada, karena malware terbaru yang bakal menjangkit perangkat Android kembali ditemukan. Virus tersebut bernama GriftHorse.

Dilansir dari The Record melalui PCMag dikatakan bahwa virus ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan ponsel bernama Zimperium. Virus ini berhasil menjangkit 10 juta perangkat Android di 70 negara sejak November 2020. Virus ini tersebar melalui aplikasi Android yang ada di Google Play Store dan aplikasi yang berasal dari pihak ketiga.

Jika pengguna menginstal aplikasi berbahaya ini maka virus GriftHorse akan memberikan sebuah pop-up dan notifikasi yang menawarkan hadiah dan penawaran spesial.

Dari pop up itu apabila ditekan maka secara tidak diketahui virus itu akan mendaftarkan pengguna ke layanan SMS premium yang dikenai biaya bulanan sebesar 35 dollar atau sebesar 500 ribu rupiah saat ada notifikasi untuk membayarnya. Dari malware ini diestimasi pembuatnya dapat menghasilkan keuntungan sampai 4 miliar dollar.

Jumlah aplikasi Android yang terinfeksi malware ini tidak main-main yaitu sejumlah 200 aplikasi. Menurut kedua peniliti di Zimperium, Aazim Yaswant & Nipun Gupta bahwa keberhasilan GriftHorse menginfeksi penggunanya tanpa terdeteksi yaitu lewat spektrum website (194 domain), aplikasi berbahaya dan developer.

Saat ini pihak Zimperium sudah menghubungi pihak Google untuk menghapus terlebih dahulu aplikasi yang terinfeksi di Play Store dan bekerja sama untuk mencegah malware ini semakin menyebar luas.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Rarely writing

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.