[Mobil Baru Pekan Ini] Daihatsu Hadirkan Rocky Dengan Mesin Hybrid

Otomotif 2 Okt 2021
Rocky e:Smart, Varian Hybrid Dari Compact SUV Daihatsu (Daihatsu.co.jp)

Daihatsu Rocky A200/A250, sebuah compact SUV yang sedang naik daun di Indonesia bersama Toyota Raize ini baru saja mendapatkan varian bermesin hybrid. Mobil yang mempunyai nama resmi "Daihatsu Rocky e:Smart" ini merupakan varian terbaru dari Daihatsu Rocky yang diperkenalkan Jum'at(1/10) di Jepang.

Rocky e:Smart ini hadir dengan basis mesin yang sama dengan Rocky dan Raize bermesin 1.200cc di Indonesia, tapi mesin ini dirancang khusus untuk mobil hybrid. Yup, mesin 1.200cc berkode WA-VEX ini nantinya akan berpadu dengan motor listrik dengan sistem series hybrid.

Ya, kalian ga salah dengar, Rocky e:Smart ini bakal memiliki cara kerja mesin hybrid yang sama seperti di Nissan Kicks E-Power yang dijual di tanah air.

e-SMART HYBRID, teknologi mesin hybrid yang diusung Daihatsu (Autobuzz Malaysia)

Belum ada info mengenai tenaga yang dihasilkan mesin WA-VEX + motor listrik ini. Namun, mesin non-hybrid dari WA-VEX ini (mesin WA-VE di Rocky 1.2 dan Raize 1.2) ini bisa menghasilkan 88,4 daya kuda dengan torsi 112 Nm.

Selain mesin Hybrid bersistem series hybrid, Rocky e:Smart ini juga hadir dengan beberapa improvisasi seperti rem parkir elektrik dengan auto hold, power outlet 100 volt/1.500 watt, full speed adaptive cruise control, desain grill dan velg yang berbeda serta hadirnya fitur one pedal driving atau disebut juga Smart Pedal atau S-PDL.

Mengutip instagram Indra Fathan, selain menghadirkan mesin WA-VEX di Rocky e:Smart, versi non-hybrid yang dijual di tanah air pun juga akan hadir di Raize-Rocky spek Jepang. Nantinya mesin ini akan hadir di tipe berpenggerak 2 roda (2WD) sedangkan mesin 1.000 cc turbo hanya tersedia di tipe berpenggerak 4 roda (4WD).

Rocky 1.2 X spek Indonesia (Daihatsu Indonesia)

Meskipun diperkenalkan hari ini, Rocky e:Smart ini baru akan dipasarkan secara resmi di Jepang pada November 2021. Dan hingga berita ini ditulis, pihak Daihatsu Jepang belum membeberkan rincian spesifikasi dan harga dari Rocky e:Smart ini.

Sepertinya menarik juga jika Astra Daihatsu dan Astra Toyota menghadirkan varian mesin hybrid ke Raize-Rocky spek Indonesia. Mengingat sistem series hybrid pada Rocky e:Smart memiliki konsep yang sama seperti Nissan Kicks E-Power, yaitu mobil elektrik yang tidak perlu di chagre, namun hanya dengan mengisi bensin.

Jadi, mungkinkah Raize-Rocky spek Indonesia diberi tambahan varian bermesin Hybrid?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.