[Mobil Baru Pekan Ini] Daihatsu Hadirkan Rocky Dengan Mesin Hybrid

Otomotif 2 Okt 2021
Rocky e:Smart, Varian Hybrid Dari Compact SUV Daihatsu (Daihatsu.co.jp)

Daihatsu Rocky A200/A250, sebuah compact SUV yang sedang naik daun di Indonesia bersama Toyota Raize ini baru saja mendapatkan varian bermesin hybrid. Mobil yang mempunyai nama resmi "Daihatsu Rocky e:Smart" ini merupakan varian terbaru dari Daihatsu Rocky yang diperkenalkan Jum'at(1/10) di Jepang.

Rocky e:Smart ini hadir dengan basis mesin yang sama dengan Rocky dan Raize bermesin 1.200cc di Indonesia, tapi mesin ini dirancang khusus untuk mobil hybrid. Yup, mesin 1.200cc berkode WA-VEX ini nantinya akan berpadu dengan motor listrik dengan sistem series hybrid.

Ya, kalian ga salah dengar, Rocky e:Smart ini bakal memiliki cara kerja mesin hybrid yang sama seperti di Nissan Kicks E-Power yang dijual di tanah air.

e-SMART HYBRID, teknologi mesin hybrid yang diusung Daihatsu (Autobuzz Malaysia)

Belum ada info mengenai tenaga yang dihasilkan mesin WA-VEX + motor listrik ini. Namun, mesin non-hybrid dari WA-VEX ini (mesin WA-VE di Rocky 1.2 dan Raize 1.2) ini bisa menghasilkan 88,4 daya kuda dengan torsi 112 Nm.

Selain mesin Hybrid bersistem series hybrid, Rocky e:Smart ini juga hadir dengan beberapa improvisasi seperti rem parkir elektrik dengan auto hold, power outlet 100 volt/1.500 watt, full speed adaptive cruise control, desain grill dan velg yang berbeda serta hadirnya fitur one pedal driving atau disebut juga Smart Pedal atau S-PDL.

Mengutip instagram Indra Fathan, selain menghadirkan mesin WA-VEX di Rocky e:Smart, versi non-hybrid yang dijual di tanah air pun juga akan hadir di Raize-Rocky spek Jepang. Nantinya mesin ini akan hadir di tipe berpenggerak 2 roda (2WD) sedangkan mesin 1.000 cc turbo hanya tersedia di tipe berpenggerak 4 roda (4WD).

Rocky 1.2 X spek Indonesia (Daihatsu Indonesia)

Meskipun diperkenalkan hari ini, Rocky e:Smart ini baru akan dipasarkan secara resmi di Jepang pada November 2021. Dan hingga berita ini ditulis, pihak Daihatsu Jepang belum membeberkan rincian spesifikasi dan harga dari Rocky e:Smart ini.

Sepertinya menarik juga jika Astra Daihatsu dan Astra Toyota menghadirkan varian mesin hybrid ke Raize-Rocky spek Indonesia. Mengingat sistem series hybrid pada Rocky e:Smart memiliki konsep yang sama seperti Nissan Kicks E-Power, yaitu mobil elektrik yang tidak perlu di chagre, namun hanya dengan mengisi bensin.

Jadi, mungkinkah Raize-Rocky spek Indonesia diberi tambahan varian bermesin Hybrid?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.