[Mobil Baru Pekan Ini] Chevrolet Corvette Z06, Supercar Amerika Dengan Flat-Plane Crank V8

Otomotif 28 Okt 2021

Chevrolet kemarin mengumumkan generasi terbaru dari Corvette Z06, sekaligus menandakan Corvette Z06 pertama bermesin tengah dari generasi berkode 'C8' ini.

Dihelat melalui acara live streaming di Peterson Automotive Museum, Chevrolet Corvette Z06 hadir dengan format coupe dan convertible, berbagai perangkat aerodinamika, dan yang paling 'mencengangkan', naturally aspirated flat-plane crank 5.5-liter V8 turunan dari mobil balap Corvette C8.R.

“Corvette Z06 baru mendefinisikan supercar Amerika,” kata Presiden General Motors Mark Reuss. “Mobil ini dibangun di atas desain khas dan dinamika terobosan yang diperkenalkan dengan Corvette mid-engine dan meningkatkannya untuk menghadirkan kemampuan trek yang halus namun tanpa kompromi dengan kinerja kelas dunia.”

V8 Bersuara Nyaring Khas "Supercar Eropa"

Yang menjadi perhatian utama tentu adalah mesinnya. Tidak lagi dengan supercharger 6.2-liter V8 yang digunakan pada Corvette C7 Z06, Corvette C8 Z06 hadir dengan mesin baru berkode 'LT6', yang diklaim oleh Chevrolet sebagai mesin V8 naturally asiprated paling bertenaga yang pernah ada pada mobil produksi masal.

LT6 sendiri merupakan mesin naturally-aspirated 5.5-liter dengan flat-plane crankshaft, sesuatu yang tidak biasa ditemukan pada mesin V8 Amerika yang lebih familiar dengan cross-plane crankshaft dan lebih sering ditemukan pada supercar Eropa seperti mesin V8 Ferarri maupun V10/V12 Lamborghini.

Dipadu dengan sistem oli dry-sump, forged aluminum pistons dan forged titanium connecting rods, hasilnya LT6 mampu digeber hingga 8.600rpm. Tenaganya sendiri berkisar 670hp dan torsi 623Nm pada 6.300rom.

Tampang Sangar dan Upgrade Aerodinamika

Secara visual, untuk mendukung peningkatan performa dari mesin LT6, Corvette Z06 hadir dengan perawakan yang mengambil inspirasi dari mobil balap Corvette C8.R.

Pertama, Corvette Z06 diberikan fender lebih lebar 9.4cm dari versi standar berkat penggunaan ban yang lebih lebar, 275/30ZR20 di depan dan 345/25ZR2 di belakang dengan ban Michelin Pilot Sport 4S ZP. Corvette Z06 juga mendapatkan front splitter dan spoiler baru, diklaim Chevrolet dapat menghasilan 165kg downforce pada kecepatan 300km/jam.

Jika ingin menggunakan Corvette Z06 untuk track day, Chevrolet menghadirkan Z07 Performance Packacge meliputi carbon fiber front splitter, front-corner canards, dan pedestal-mounted rear wing.

Paket ini juga mencakup carbon fiber wheels yang lebih ringan dan dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 yang lebih cocok digunakan untuk penggunaan di sirkuit.

Produksi Dimulai Musim Panas 2022

Dengan berbagai pertimbangan, Chevrolet mengumumkan bahwa produksi dari Corvette Z06 baru akan dimulai musim panas tahun 2022 mendatang. Corvette Z06 juga akan hadir dalam konfigurasi setir kiri maupun kanan seperti halnya versi standar. Sampai saat ini belum diketahui harga pasti dari Corvette Z06 itu sendiri.

Sumber: Chevrolet

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.