Solusi Cepat Mengatasi Akun Twitter Kena Suspend

Teknologi 18 Okt 2021
Salah satu platform media sosial yang paling umum digunakan saat ini, yaitu Twitter dengan logo burung khasnya (Foto: TechCrunch).

Pengguna Twitter mungkin tidak asing dengan istilah suspend account atau akun yang ditangguhkan.

Biasanya hal itu terjadi karena adanya penyalahgunaan. Penyebab akun Twitter ditangguhkan bisa beragam. Intinya, Anda terdeteksi melanggar kebijakan aturan dari Twitter.

Akun Twitter Kena Suspend, Kok Bisa?

Jika akun Twitter kamu terkena pembatasan dari pihak Twitter, mungkin ada beberapa alasan utama dari basis keputusan tersebut.

Akun Palsu atau Menyebarkan Konten Palsu

Faktor utama dari penyebab akun Twitter di-suspend yaitu terindikasi kegiatan tidak biasa, seperti menyebar berita palsu, spam, dan lainnya.

Aktivitas tersebut tentu bukan bagian dari aturan resmi Twitter. Jadi ketika Anda melanggar, maka siap-siap akun ditangguhkan.

Baca juga: Solusi Pakai PeduliLindungi Tanpa Ponsel, Seperti Apa Caranya?

Apabila unggah konten yang mengganggu kenyamanan pengguna lain, biasanya Twitter menerima laporan, lalu menindaklanjuti untuk suspend akun bersangkutan.

Kontennya bermacam-macam, misalnya ujaran kebencian, menyebar foto dan video sadis atau vulgar.

Akun Twitter Telah Diretas

Twitter juga bisa melakukan suspend tanpa sebab demi melindungi keamanan akun penggunanya.

Salah satunya ketika akun Anda terdeteksi diretas dan login dari perangkat lain, maka otomatis akan ditangguhkan sementara sampai ada konfirmasi dari pemiliknya.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Akun Twitter yang Kena Suspend?

Jika memang akun kamu telah di-Suspend oleh pihak Twitter namun kamu beranggapan bahwa itu adalah kesalahan, melansir dari CNN Indonesia, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan akun Twittermu seperti semula.

Login dan Verifikasi Nomor Telpon

Ketika akun Twitter di-suspend jangan panik. Cara pertama yang bisa ditempuh yaitu dengan login kembali ke akun sebelumnya menggunakan email dan password terdaftar.

Nantinya akan ditampilkan di menu awal verifikasi nomor telepon. Anda cukup ikuti petunjuk dengan mengisi nomor telepon supaya menerima kode untuk ditulis ke kolom tersebut.

Baca juga: Xiaomi Resmi Naikkan Harga Ponselnya Akibat Kelangkaan Chip

Ajukan Pengembalian Akses Akun

Akun Twitter yang di-suspend tidak dapat mengirim mengirim tweet, follow pengguna lain, retweet, serta kegiatan lainnya.

Untuk mengatasinya bisa dengan mengirim permohonan pengembalian akun ke pihak Twitter seperti cara berikut:

1. Masuk ke laman pengajuan banding di sini
2. Nantinya akan muncul tampilan form untuk mengajukan banding atau keberatan
3. Isi data diri yang diminta seperti nama, email, nomor hp
4.Tulis penjelasan penyangkalan Anda mengapa mengajukan banding di kolom deskripsi
5. Selanjutnya tinggal kirim penjelasan tertulis ke pihak Twitter untuk diproses
6. Pihak Twitter umumnya akan memproses permohonan selama satu kali 24 jam
7. Apabila pengajuan pengembalian disetujui, akun Twitter Anda akan otomatis dikembalikan sepenuhnya dan bisa diakses seperti semula.

Kamu juga dapat langsung mengunjungi tautan resmi Twitter ini untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengajukan banding.

Kedua cara mengembalikan akun Twitter suspend dengan cepat ini tergantung dari seberapa spesifik Anda mengutarakan alasannya dan tidak ada salahnya sambil dicoba.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast