Waduh, Twitch Dilanda Kebocoran Data!

Gaming 7 Okt 2021

Platform streaming game Twitch baru-baru telah menjadi korban dari kebocoran data oleh seorang hacker dan disearluaskan melalui sebuah forum. Data yang bocor dikabarkan tidak hanya meliputi source code, namun juga data pendapatan dari berbagai streamer ternama.

Sebagaimana yang dilansir melalui Kotaku, Twitch melalui blog resmi mereka mengkonfirmasi adanya kebocoran data oleh pihak ketiga. Twitch mengatakan bahwa kredensial data login tidak ikut bocor dalam kejadian ini, begitu juga dengan data kartu kredit karena Twitch sendiri tidak menyimpan data tersebut.

โ€œKami telah mengetahui bahwa beberapa data terpapar ke internet karena kesalahan dalam perubahan konfigurasi server Twitch yang kemudian diakses oleh pihak ketiga yang jahat. Tim kami bekerja dengan urgensi untuk menyelidiki insiden tersebut.

Karena penyelidikan sedang berlangsung, kami masih dalam proses memahami dampaknya secara rinci. Kami memahami bahwa situasi ini menimbulkan kekhawatiran, dan kami ingin membahas beberapa di antaranya di sini sementara penyelidikan kami berlanjut. Saat ini, kami tidak memiliki indikasi bahwa kredensial login telah diekspos. Kami terus menyelidiki.

Selain itu, nomor kartu kredit tidak disimpan oleh Twitch, sehingga nomor kartu kredit tidak ikut terekspos.โ€

Salah satu pengguna Twitter, KnowSomething membeberkan pendapatan dari berbagai streamer ternama untuk bulan September silam berdasarkan bocoran tersebut. Pendapatan tersebut merupakan bayaran langsung dari Twitch dan tidak meliputi pendapatan di luar platform Twitch seperti penjualan merchandise, pendapatan dari platform YouTube, sponsor, dan lain-lain.๐Ÿ™„

Selain itu, KnowSomething juga mengatakan bahwa bocoran data tersebut juga membeberkan pendapatan para streamer total sejak 2019, dimana tercatat 81 streamer meraih pendapatan lebih dari 1 juta dollar atau sekitar 14 milyar Rupiah.

Beberapa streamer salah satunya BBG Calc telah mengkonfirmasi keakuratan dari data yang bocor terebut.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.