Concept XM, Inilah Konsep Super-SUV 750HP dari BMW

Otomotif 30 Nov 2021

Setelah diberi teaser beberapa minggu lalu, BMW mengungkap tabir dari Concept XM, mobil konsep Super-SUV sekaligus model standalone kedua yang dibangun oleh divisi BMW M setelah BMW M1.

"BMW Concept XM  mewakili cara menyeluruh dalam mengimajinasi ulang segmen mobil performa tinggi. Mobil ini menunjukkan emampuan kami melewati batasan-nbatasan yang ada. Ini adalah mobil pertama murni buatan BMW M setelah BMW M1," ucap Franciscus van Mee, CEO of BMW M GmbH.

Secara teknis, Concept XM menampilkan bagaimana 'rupa' dari model performa tinggi dari BMW X di masa depan. Meski begitu, BMW juga mengkonfirmasi bahwa Concept XM akan masuk jalur produksi pada akhir tahun 2022 sebagai model 2023.

Foto: BMW

Tentu saja penampilannya sangat ekstravagan bahkan untuk sebuah BMW sekalipun. Bagian depan yang didominasi oleh grille raksasa yang dikelilingi iluminasi LED sehingga menampilkan siluet kidney-grille di malam hari, diapit oleh dua lampu utama LED yang dibagi menjadi dua bagian.

Foto: BMW

Bagian belakangnya menampilkan LED ultra-tipis memanjang dari tepi tutup bagasi dan ke sepatbor belakang, sedangkan kaca belakang menampilkan desain berbentuk wedge dengan logo BMW terukir di setiap sudut kaca – inspirasi langsung dari BMW M1.

Untuk powertrain sendiri masih misteri, namun diperkirakan versi produksi Concept XM akan dipersenjatai mesin twin-turbo V8 yang dipadukan dengan motor listrik, menjadikannya sebagai model M plug-in hybrid pertama. Perkiraan tenaganya sendiri berkisar 750 HP dengan torsi 1.000 Nm. BMW tidak menyebutkan secara spesifik seperti bagaimana dari kapasitas mesin, ukuran baterai, atau akselerasi 0-100km/jam.

BMW Concept XM hanyalah sebuah konsep untuk saat ini, oleh karena itu masih perlu waktu hingga tahun depan ketika versi produksinya dari pesaing Bentley Bentayga Speed dan Lamborghini Urus ini diperkenalkan ke publik.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)