Sumber: Carscoops,com

Ferrari Menangkan Kasus Penjiplakan Desain Terhadap Perusahaan Tuning Mansory

Otomotif 1 Nov 2021

Dalam dunia otomotif, bisa dibilang bahwa Ferrari adalah 'juaranya' kalau membicarakan soal menjaga orisinalitas desain, tradisi, maupun citranya.

Tidaklah heran bahwa Ferrari sampai mengambil jalan hukum dalam permasalahan ini. Contohnya seperti ketika Ferrari mengirimkan "cease and desist" terhadap DJ asal Kanada, Deadmau5 mengenai Ferrari 458 Spider miliknya yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi "Purrari" sebagai bahan troll beberapa tahun silam.

Kali ini, Ferrari menaruh perhatian dan menggugat perusahaan tuning asal Jerman, Mansory karena menawarkan 4XX Siracusa, sebuah paket tuning sekaligus bodykit untuk Ferrari 488 GTB yang dianggap menjiplak desain orisinal dari model flagship Ferrari FXX K, walaupun faktanya paket bodykit tersebut sudah tersedia sejak 2017.

Seperti yang dilansir melalui Carscoops, awalnya Ferrari SpA menggugat Mansory Design & Holding GmbH melalui Pengadilan Bundesgerichtshof di Jerman atas “pelanggaran hak cipta atas desain yang tidak terdaftar”. Kasus ini kemudian dilimpahkan ke Pengadilan Uni Eropa di Luxembourg pada tanggal 28 Oktober silam. Para hakim menyetujui argumen Ferrari bahwa pihaknya memiliki hak terhadap desain orisinal FXX K dan mengakui adanya pelanggaran hak cipta dalam kasus kit tuning Mansory 4xx Siracusa.

Desain yang dipermasalahkan dalam kasus ini adalah bagian V-shape yang meliputi bagian kap depan dan bumper, dual bumper intakes, carbon fiber splitter, dan splitter rear spoiler.

Dalam pendapat pengadilan yang tertuang dalam dokumen kasus C-123/20 – Ferrari mengatakan:

“Menyediakan desain lengkap suatu produk kepada publik, seperti penampilan kendaraan, juga berarti menyediakan kepada publik desain bagian dari produk itu, seperti penampilan elemen-elemen tertentu dari bodywork kendaraan itu sendiri, asalkan desain yang terakhir dapat diidentifikasi dengan jelas pada saat desain itu tersedia”. Ini juga mengakui bahwa “bagian yang terlihat dari suatu produk, yang ditentukan oleh garis, kontur, warna, bentuk atau tekstur tertentu, merupakan 'penampilan ... bagian dari suatu produk', dalam arti ketentuan itu, yang dapat dilindungi sebagai desain Komunitas”.

Masih belum diketahui apakah Mansory akan menarik paket 4xx Siracusa dari pasaran ataupun membayar royalti Ferrari ke depannya.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)