Microsoft Perlihatkan Surat Untuk Mengakuisisi Nintendo Pada Tahun 1999

Gaming 25 Nov 2021

Sudah 20 tahun berlalu sejak Microsoft memperkenalkan Xbox. Seperti halnya pada peluncuran konsol gim baru, Microsoft tentu masih concern dengan game library, hingga pernah tercetus sebuah ide untuk mengakuisisi Nintendo sebagai first-party developer untuk menghadirkan game ikonik seperti Mario Bros maupun Zelda ke Xbox.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Kotaku pada awal tahun, Kevin Bachus, salah satu mantan eksekutif Microsoft mengatakan bahwa Steve Ballmer, mantan CEO pada saat itu pernah bertemu dengan petinggi Nintendo untuk membicarakan soal akuisisi, namun malah ditertawakan oleh para petinggi Nintendo.

Steve [Ballmer, mantan CEO Microsoft] membuat kami bertemu dengan Nintendo untuk melihat apakah mereka akan mempertimbangkan untuk diakuisisi. Mereka hanya tertawa terbahak-bahak. Seperti, bayangkan satu jam seseorang hanya menertawakan Anda. Seperti itulah jalannya pertemuan itu.

Berlanjut hingga akhir tahun 2021, Micorsoft menggunakan momen perayaan 20 tahun Xbox dengan memperlihatkan bukti upaya akuisisi terhadap Nintendo berupa sepucuk surat yang dikirimkan kepada Nintendo America dari Rick Thompson, wakil direktur Microsoft pada tanggal 20 Oktober 1999.

Sumber: Microsoft

Tidak banyak informasi yang bisa dipetik karena Microsoft sendiri memblokir sebagian besar isi surat dengan caption besar di tengah. Salah satu yang bisa dipetik adalah Microsoft akan membantu pengembangan "Project Dolphin", yang kelak menjadi Nintendo GameCube diluncurkan September 2001 silam. Informasi lainnya adalah tercantumnya nama CEO Nintendo, Hiroshi Yamauchi dan desainer hardware, Genyo Takeda untuk membicarakan proposal akuisisi dalam pertemua selanjutnya.

Jika kalian penasaran, kalian bisa mengunjungi museum virtual Xbox yang diadakan Microsoft dengan mengetuk tautan berikut.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.