[Perang Bintang MPV] Daihatsu All-New Xenia – Avanza tapi Lebih Sporti

Otomotif 11 Nov 2021
Daihatsu Xenia baru, tampil lebih sporti (Daihatsu Indonesia)

Di edisi sebelumnya dari seri Perang Bintang MPV, kita sudah berkenalan dengan Toyota Avanza dan Toyota Veloz dengan fitur yang cukup epik. Kali ini, kita akan berkenalan dengan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia.

Dalam artikel ini, tentu kami tak banyak membahas soal mobil ini, karena pada dasarnya mobil ini dengan Avanza merupakan mobil yang hanya berbeda penampilannya saja. Lantas, seperti apa perbedaanya?

BTW Mobil ini diluncurkan pada gelaran GIIAS 2021 di ICE BSD.

Tampang yang Lebih Sporti Ala Perodua Bezza

Yang menjadi pembeda utama antara Avanza dan Xenia ialah fascia depannya. Xenia sendiri mempunyai desain fascia depan yang sporti nan ganteng dengan pengaruh desain dari Perodua Bezza (Ayla Sedan dari Malaysia).

Tampilan depan Xenia Baru (Daihatsu Indonesia)

Kendati mirip dengan Bezza, tentu Daihatsu sendiri memodifikasi tampang ala Bezza tersebut agar sesuai di LMPV andalan taksi online ini.

Selain itu, tambahan bodykit dan side skirt pada Xenia baru ini membuatnya terlihat semakin sporti. Sisanya, sama persis dengan Avanza dengan perbedaan di beberapa detail.

Interior yang Sangat Resing!

Salah satu pembeda antara Avanza dan Xenia di interiornya ialah kombinasi warna hitam dan merah yang menimbulkan kesan yang sangat "resing" menurut Lugnutz Auto Junkie. Selain itu, aksen merahnya pun juga berlanjut di panel instrumen dengan MID TFT ditengahnya.

BTW, panel instrumen di Xenia baru ini juga akan diterapkan di Daihatsu Sirion facelift spek Malaysia, alias Perodua Myvi facelift.

Teaser Myvi Facelift dengan speedometer yang sama seperti Xenia Baru (Twitter/Perodua)

Sisanya, sama saja dengan interior Avanza pada umumnya. Hanya saja, stir dari Xenia ini hanya bisa disetel tilt nya saja, tidak ada pengaturan teleskopik.

Lainnya...

Selain itu, semua hal di Xenia baru ini sama dengan Avanza. Mulai dari sistem keselamatan otonom yang Daihatsu sebut sebagai Advanced Safety Assist, adanya sofa mode yang membuat pengaturan jok menjadi fleksibel, ABS+EBD sebagai standar, VSC + HSA, dual airbag, dan transmisi CVT yang disalurkan ke dua roda depan. Pilihan mesinnya pun ada 1.300 cc dan 1.500 cc yang sama seperti di Avanza.

Mengutip Indra Fathan, harga Xenia baru dibanderol mulai Rp. 190,9 juta hingga Rp. 242,2 juta. Berikut daftar harga lengkapnya.

1.3 M MT 190,9 juta rupiah
1.3 X MT 193,9 juta rupiah
1.3 X CVT 209,2 juta rupiah
1.3 R MT 204 juta rupiah
1.3 R CVT 219,3 juta rupiah
1.3 R ADS MT 213 juta rupiah
1.3 R ADS CVT 228,3 juta rupiah
1.5 R MT 221 juta rupiah
1.5 R CVT 233,7 juta rupiah
1.5 R ADS MT 230 juta rupiah
1.5 R ADS CVT 242,7 juta rupiah
1.5 R ASA CVT 242,4 juta rupiah

Lantas, bagaimana strategi Mitsubishi dalam pertarungan melawan duo kembar Toyota-Daihatsu ini? Jangan lewatkan edisi terakhir dari Perang Bintang MPV hanya di Media Formasi.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.