Perang Bintang MPV Sejuta Umat : Avanza, Xenia dan Xpander Baru

Otomotif 2 Nov 2021

GIIAS 2021 akan dimulai seminggu lagi, dan beberapa pabrikan sudah berancang-ancang menyiapkan produk andalan mereka yang bakal mejeng disana. Termasuk duo kembar LMPV sejuta umat dan pesaingnya : Avanza-Xenia dan Xpander.

Lantas, apa yang kami temukan soal ketiga mobil andalan masyarakat Indonesia ini sebelum gelaran itu dimulai?

Wujud Utuh Avanza (beserta Veloz) dan Xenia Baru Akhirnya Muncul!

Kita mulai dari kabar mengenai generasi terbaru dari mobil MPV sejuta umat yang sudah dipercaya lebih dari 18 tahun. Yup, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Duo kembar legendaris Astra ini dikabarkan akan mempunyai generasi terbarunya pada tahun ini, tepatnya pada 10 November mendatang (atau sehari sebelum GIIAS 2021 dimulai, generasi terbaru Xenia justru akan debut di hari pertama GIIAS atau sehari setelah Avanza baru rilis). Dan belakangan ini, wujud dari duo MPV itu mulai bermunculan, termasuk di linimasa Instagram.

Indra Fathan, salah satu pengguna Instagram yang terkenal di kalangan automotive enthusiast ini pun memberikan gambaran bagaimana wujud dari Avanza dan Xenia terbaru lewat gambar dibawah.

Kita mulai dari Avanza yang kini punya tampang yang terlihat jauh lebih dewasa dari Avanza sebelum ini. Bahkan menurut kami beberapa bagian dari desainnya ini mirip seperti produk van Toyota yang dijual di Amerika Serikat.

Bagian belakangnya merupakan bagian yang kami highlight di bagian sebelum ini karena mirip dengan Toyota Sienna, sebuah van Toyota yang dijual di US. Desainnya terlihat lebih kekar dan berisi dibandingkan Avanza sebelum ini.

Bagian depannya sendiri terlihat mirip dengan SUV kompak mereka yang cukup viral, Toyota Raize, namun dengan sedikit modifikasi agar pas dengan konsepnya sebagai sebuah MPV. Desainnya sendiri cukup dewasa dan agak mengotak ketimbang generasi sebelumnya, bahkan terlihat lebih simpel.

Sementara itu, Veloz yang bocorannya lebih awal muncul di instagramnya Lugnutz Auto Junkie pun punya desain yang bahkan jauh lebih mewah lagi. Misal fascia depannya mirip dengan Toyota RAV4, velg yang jauh lebih besar, serta bagian belakang yang lebih Sienna banget ketimbang versi Avanzanya.

Bahkan, beberapa bocoran fiturnya membuat kami agak tidak percaya kalau ini sebenarnya merupakan sebuah Avanza. Misal rem parkir elektrik, rem cakram belakang, Toyota Safety Sense (yang juga ada di Avanza G) dan beberapa fitur lain yang akan diulas saat mobil ini rilis.

Di waktu yang bersamaan, Indra pun memberikan gambaran soal generasi baru Daihatsu Xenia yang akan rilis sehari setelah Avanza dan Veloz rilis. Dan varian yang muncul pada foto diatas merupakan varian ADS (Astra Daihatsu Styling).

Sekilas, fascia depan Xenia ini mengingatkan kami pada sebuah mobil produksi pabrikan asal negeri jiran Malaysia, Perodua Bezza facelift. Tentu dengan beberapa perbedaan, misal bagian bawah bumper yang lebih besar, lampu dan grill yang sedikit mengecil dan adanya aksen merah di varian ADS.

Sisanya, sama seperti Avanza, mulai dari bagian belakang, fitur-fitur lain serta adanya Advanced Safety Assist (A.S.A) di varian flagshipnya. Gambaran lebih detailnya akan kami ulas saat Xenia baru ini rilis pada 11 November.

Xpander Facelift Mulai Menebar Teaser

Teaser Resmi Xpander Facelift di Instagram Mitsubishi Indonesia (Mitsubishi Motors Indonesia)

Sementara itu, pabrikan tiga berlian juga tak tinggal diam menghadapi duo MPV sejuta umat itu dengan menghadirkan refresmen pada salah satu produk andalan mereka, Xpander. Meskipun sebelum ini, mobil ini sempat viral karena wujudnya sempat bocor saat melakukan syuting pembuatan iklan beberapa waktu silam.

Bahkan, Xpander facelift ini akan rilis pada 8 November 2021. Yang artinya ia bakal lebih duluan rilis daripada Avanza, Veloz dan Xenia sekalipun.

Beberapa bocoran fitur dari Xpander facelift antara lain transmisi CVT layaknya Avanza-Veloz-Xenia baru, Panel AC Digital baru, desain dashboard baru hingga ubahan di eksterior dengan desain lampu depan baru, desain bumper depan baru dan desain fascia belakang baru. Sisanya, akan diulas saat mobil ini rilis pada 8 November.

Lantas, kejutan apa lagi yang akan dihadirkan dari keempat MPV ini saat mereka rilis? kita tunggu saja saat mereka rilis.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.