Roblox Menggugat Seorang Content Creator Karena Seruan Ancaman Terorisme

Gaming 28 Nov 2021

Baru-baru ini Roblox Corporation, developer sekaligus publisher dari satu game online populer – Roblox, mengajukan gugatan terhadap content creator Benjamin Robert Simon alias Ruben Sim. Roblox Corporation mengajukan gugatan melalui pengadilan California, menuduh Simon telah melakukan "tindakan mendorong pelanggaran hukum" dengan memimpin “cybermob” dan menyebarkan ancaman terorisme selama bertahun-tahun di Roblox.

Roblox Corporation meminta ganti rugi sebesar US$1,6 juta atau sekitar Rp23 miliar atas pelanggaran kontrak, penipuan dan empat tuduhan lainnya.

Simon sendiri memang merupakan pemain Roblox yang kontroversial karena sering melakukan pelecehan dan melontarkan hinaan rasis kepada pemain Roblox lainnya sampai memposting foto pemimpin Nazi – Adolf Hitler. Bahkan meskipun di-banned, Simon masih berulah dengan cara meretas akun yang dibuat oleh pemain lain. Sampai-sampai Roblox memiliki grup moderator tersendiri yang bertugas untuk mengawasi dan menghapus akun mencurigakan yang diduga digunakan oleh Simon.

Beralih yang paling terkini, seperti yang dilansir oleh Polygon, pihak pengacara dari Roblox mengatakan bahwa Simon memposting melalui akun Twitter tentang ancaman teroris terhadap acara Roblox Developer Conference di San Francisco, menyebut bahwa kejadian serupa pada kasus penembakan di markas besar YouTube pada April 2018 akan terulang kembali.

Ancaman tersebut membuat acara tersebut ditutup sementara dan memaksa pihak kepolisian untuk menggeledah tempat penyelenggara untuk memastikan semua aman. Roblox pun dilaporkan harus menghabiskan US$50 ribu atau sekitar Rp720 juta untuk menginvestigasi sekaligus mengamankan acara RDC 2021.

Jika penasaran dengan isi gugatan Roblox terhadap Ruben Sim, kalian bisa membacanya melalui tautan berikut:

Roblox vs Ruben Sim lawsuit by Polygondotcom

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)