Akun YouTube Diretas, BNPB Masih Lakukan Recovery

Teknologi 9 Des 2021

Kabar mengejutkan datang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kanal YouTube milik mereka telah diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. Nama akunnya pun berubah menjadi Ethereum 2.0.

Tak hanya itu, sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, di akun tersebut juga sempat terdapat video terbaru yang menunjukkan seseorang melakukan siaran langsung mengenai diskusi dengan topik berita Ethereum dan mata uang kripto lain seperti Bitcoin dan Smmaller Altcoin.. Siaran langsung tersebut berjudul Ethereum CEO: Ethereum Breakout! Ethereum News, ETH 2.0 Realease Date.

Sementara itu, sejumlah video tayangan di akun BNPB lainnya masih ada dan tidak dihapus. Tayangan terakhir yang ada di akun YouTube BNPB sebelum diretas adalah konferensi pers juru bicara penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Masih Recovery

BNPB sendiri sudah mengkonfirmasi kasus tersebut dan membuka suara terkait akun YouTube yang diretas sejak pagi tadi.
"Iya benar diretas," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dikutip dari detik.com, Kamis (9/12).

Muhari menjelaskan bahwa sejumlah langkah penanganan sedang dilakukan. Upaya pemulihan akun tersebut dibantu oleh Google dan Polri. BNPB meminta proses pemulihan dipercepat.

"Saat ini sedang kita pulihkan dibantu Google dan Mabes Polri. Pemulihan akun sudah kita minta dipercepat oleh Google," lanjut beliau.

Sementara itu, Bareskrim Polri turun tangan dalam upaya mengusut dugaan tindak peretasan (hack) terhadap akun YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sudah dikomunikasikan dan sedang didalami oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim," pungkas Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikutip dari detik.com.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.