Efek Pandemi COVID-19, Progres Final Fantasy XVI Tertunda Hingga Setengah Tahun

Gaming 28 Des 2021

Sejak pertama kali diumumkan oleh Square Enix pada bulan September tahun silam, hampir tidak ada lagi informasi mengenai progres dari game terbaru dari seri Final Fantasy, yaitu Final Fantasy XVI. Rencana awalnya adalah Square Enix membuat pengumuman besar akhir tahun tentang Final Fantasy XVI. Sayangnya itu tidak akan terjadi, dan pengembangan game-nya sendiri telah ditunda setidaknya setengah tahun.

Efek Pandemi COVID-19

Naoki Yoshida selaku Produser game Final Fantasy XVI, menyampaikan sebuah pesan melalui akun Twitter resmi dari Final Fantasy XVI. Menjelaskan bahwa kondisi pandemi COVID-19 yang memburuk di Jepang, memaksa mereka mematuhi protokol kesehatan yang mempengaruhi laju pengembangan dari iterasi terbaru dari franchise Final Fantasy.

Berikut pernyataan dari Naoki Yoshida selaku Produser Final Fantasy XVI.

Salam semuanya,
Saat terakhir kali kita bicara, aku berjanji bahwa aku akan memberikan informasi terbaru Final Fantasy XVI sekitar tahun 2021. Tetapi, dengan menyesal aku tidak bisa menepati janji tersebut. Itu karena adanya komplikasi rumit dari kondisi pandemi COVID-19 yang membuat proses pengerjaan game ini menjadi tertunda hingga setengah tahun.Sebagai game terbaru dari seri Final Fantasy yang dikembangkan untuk PlayStation 5, Final Fantasy XVI telah mendapatkan anggota tim luar biasa dari seluruh dunia. Namun dengan adanya pandemi ini, kami harus mendesentralisasikan proses kerja para staf yang diperbolehkan bekerja dari rumah. Hal ini menyebabkan terhambatnya komunikasi dari kantor di Tokyo yang mempengaruhi berbagai kasus pembatalan, seperti pengiriman barang dari pihak luar partner kami.
Karena itulah, kami menghabiskan tahun 2021 untuk memperbaiki masalah ini dan berharap tidak terlalu berpengaruh besar pada tahun baru nanti. Sehingga kami dapat fokus mengerjakan tugas lainnya, seperti meningkatkan kualitas grafis game, memperhalus sistem combat dan mengoptimasi segala hal. Tujuan utama kami saat ini adalah memperhalus kualitas game sebisa mungkin untuk dapat melihat potensi besarnya.
Jadi hal ini memberikan pertanyaan besar, kapan informasi terbaru akan diungkap? Dengan senang hati aku mengatakan bahwa rencananya kami akan memberikan kabar luar biasa pada Musim Semi 2022 untuk memberikan rasa antusias pada game ketika rilis suatu hari nanti.
Aku meminta maaf kepada semuanya bagi kalian yang sudah lama menanti kabar terbaru Final Fantasy XVI dari kami. Dan terima kasih sudah sabar menunggu kabar terbaru dari kami selagi game masih dalam proses pengerjaan
Produser Final Fantasy XVI, Naoki Yoshida.

Semoga saja para personel dapat menyelesaikan Final Fantasi XVI dengan baik sekaligus tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)