Masayuki Uemura, Desainer NES dan SNES Meninggal Dunia

Teknologi 9 Des 2021

Kabar duka datang dari dunia game. Seorang tokoh kunci dalam sejarah game tidak lagi bersama kita. Masayuki Uemura, yang mulai bekerja di Nintendo pada tahun 1972 dan terus mendesain Family Computer (Famicom)—sistem berbasis kartrid pertama dari perusahaan yang menjadi Nintendo Entertainment System di luar Jepang, telah meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Dikutip dari Crunchyroll dan Siliconera, kabar meninggalnya beliau telah diumumkan pada Senin (6/12) oleh situs resmi Ritsumeikan Center of Game Studies, dimana ia juga menjadi pendiri dari pusat studi tersebut. Pemakaman dilakukan oleh pihak keluarga secara tertutup. Selain itu, belum diputuskan apakah mereka akan mengadakan upacara peringatan atau tidak.

Profil lengkap

Masayuki Uemura lahir di Tokyo, Jepang pada 20 Juni 1943, dan kemudian bergabung dengan pabrikan televisi Sharp pada 1967. Meskipun awalnya memulai karirnya dengan meneliti sirkuit elektronik, ia kemudian beralih ke penelitian semikonduktor. Pada tahun 1971, ia bergabung dengan Nintendo dan membantu mengembangkan konsol rumah pertamanya: Color TV-Game, yang dirilis Nintendo pada tahun 1977.

Setelah itu, Uemura menjadi kepala divisi R&D kedua Nintendo. Sejak tahun 1981 dan seterusnya, Uemura memimpin pengembangan NES, yang pada akhirnya membawa kesuksesan Nintendo di pasar video game. Menggunakan pengetahuannya dalam semikonduktor, ia juga mengembangkan periferal Famicom Disk System. Kemudian, Uemura mengembangkan SNES dan perangkat modem satelit Satellaview yang kurang dikenal, yang hanya dijual di Jepang.

Meskipun Uemura meninggalkan Nintendo pada tahun 2004, ia terus melakukan penelitian sebagai profesor di Studi Pascasarjana Universitas Ritsumeikan di bidang Core Ethics and Frontier Sciences. Ia juga menjabat sebagai advisor di Departemen Research & Engineering di kampus tersebut serta mendirikan Ritsumeikan Center for Game Studies pada 2011 dan menjabat sebagai ketua hingga Maret 2021.

Masayuki Uemura (Sumber: Kotaku)

Dalam sebuah wawancara menarik dengan Matt Alt sebagaimana dikutip dari Kotaku, Uemura mengingat bagaimana proyek Famicom dimulai.

"Ini dimulai dengan panggilan telepon pada tahun 1981," katanya.

"Presiden [Hiroshi] Yamauchi menyuruh saya membuat sistem video game, yang bisa memainkan game di cartridge."

Sementara Uemura mengatakan bahwa Yamauchi suka meneleponnya setelah minum-minum, dia bangun keesokan harinya untuk mengetahui bahwa dia serius dengan proyek tersebut, jadi dia mulai menganalisis kompetisi dan mulai mengerjakan apa yang pada akhirnya akan menjadi sejarah konsol game.

Masayuki Uemura (sumber: Crunchyroll)

Menggunakan skema warna berdasarkan scarf yang disukai Yamauchi, Famicom dirilis pada 15 Juli 1983. Dengan cepat menjadi fenomena di Jepang, tetapi Uemura terlalu sibuk mengerjakan NES untuk pasar Amerika—serta Sistem Disk Famicom untuk Jepang—memperhatikan keberhasilan ciptaannya.

Uemura juga mengarahkan pengembangan Super Famicom, yang dirilis di Jepang pada 21 November 1990, sebelum kepopulerannya mendunia pada tahun berikutnya.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.