Microsoft Menjual Poster Bertema "Red Ring of Death", Mengenang Sejarah Kelam Xbox

Gaming 14 Des 2021

Sudah 20 tahun berlalu ketika Microsoft pertama kali memasuki industri video game dengan meluncurkan konsol Xbox dan langsung mencetak hit ketika Xbox 360 dirilis. Microsoft pun merayakannya dengan merilis serial dokumenter berjudul Power On: The Story of Xbox dan menjual poster dari salah satu chapter sekaligus era kelam dari Xbox, yaitu The Red Ring of Death.

Poster ini merupakan salah satu dari tujuh poster yang dijual melalui Xbox Gear Shop. Microsoft menjual poster dengan ukuran 18" x 24 dengan banderol $24.99 atau sekitar 360 ribu Rupiah. Posternya sendiri merefleksikan logo Xbox dikelilingi lingkaran tiga perempat.

The Red Ring of Death

Bicara soal salah satu bagian dari serial dokumenter Power On: The Story of Xbox, Red Ring of Death merupakan masa kelamnya Xbox. Kejadian ini terjadi antara tahun 2007 dan 2008 dimana banyak pengguna mengeluhkan Xbox 360 bermasalah yang disebabkan oleh cacat pada desain motherboard sehingga konsol mengalami overheating.

Kondisi ini pun memaksa Microsoft untuk menarik Xbox 360 dari peredaran, dan menghabiskan $1 miliar untuk memperbaiki konsol yang bermasalah. Microsoft pun juga memperpanjang masa garansi dari satu tahun menjadi tiga tahun untuk meratifikasi masalah tersebut.

“Pada saat kami melihat biaya perbaikan, kerugian penjualan yang kami perhitungkan, kami memiliki masalah sebesar $ 1,15 miliar,” kata Peter Moore, mantan pimpinan Xbox kala itu melalui serial dokumenter Power On.

Jika penasaran dengan perjalanan Xbox dalam 20 tahun terakhir termasuk masa kelam Red Ring of Death, kalian bisa menyaksikan serial dokumenter Power On: The Story of Xbox melalui YouTube maupun Microsoft Movies & TV.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)