Foto: Porsche

Porsche Tampilkan Teaser Mobil Balap Prototipe LMDh 2023

Otomotif 20 Des 2021

Nama Porsche sudah tidak asing dalam dunia balap ketahanan, apalagi pada ajang prestisius 24 Hours of Le Mans sejak tahun 70-an sebagai pabrikan paling sukses dengan 19 kemenangan.

Sejak pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini menarik diri dari ajang Le Mans sebagai dampak dari skandal "Dieselgate" di VW Group, kini Porsche kembali lagi ke ajang balap ketahanan World Endurance Champtionship dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship bersama Penske Racing di tahun 2023 di kelas Le Mans Daytona h (LMDh).

Melalui press release, Porsche telah memberikan teaser dari mobil balap LMDh, mobil yang belum disebutkan namanya ini terlihat sangat berbeda dari LMP1 terakhir Porsche, 919 Hybrid yang menjuarai 24 Hours of Le Mans 2015, 2016, dan 2017.

Sesuai dengan regulasi LMDh, mobil ini dibangun sasis dari Multimatic, salah satu supplier yang disetujui FIA. Dilihat dari belakang, kita dapat melihat bahwa prototipe baru ini memiliki bilah lampu LED yang menonjol yang membentang lebar di bagian belakang, sayap yang menjulang tinggi dengan pelat ujung yang memiliki lampu LED merah dan oranye serta sirip hiu aerodinamis besar yang membentang di atas penutup mesin.

Porsche belum mengumumkan detail mesin untuk mobil balap mereka, tetapi seperti semua kontestan LMDh, tenaganya akan dibatasi mencapai 670 hp.

Pabrikan asal Jerman juga telah mengumumkan dua pembalap pertama untuk proyek LMDh, terdiri dari Dane Cameron yang memenangkan gelar IMSA WeatherTech SportsCar Championship Dpi pada tahun 2016 dan 2019, serta mantan pembalap Formula 1 - Felipe Nasr yang telah memenangkan IMSA WeatherTech SportsCar Championship bersama Whelen Engineering Racing pada tahun 2018 dan 2021.

Pengujian prototipe akan dimulai pada tahun 2022 sebelum Porsche Penske Motorsport mulai berkompetisi pada tahun 2023 mendatang bersama Acura, Audi, BMW, dan Cadillac di kelas LMDh.

Sumber: Porsche Press Release

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)