Seriusi Garap EV di Masa Depan, Toyota dan Lexus Tampilkan 15 Mobil Listrik Konsep Sekaligus

Otomotif 15 Des 2021

CEO Toyota, Akio Toyoda mengadakan konferensi pers bertajuk "Media Briefing on Battery EV Strategies" sekaligus secara mengejutkan memperkenalkan tidak kurang dari 15 mobil listrik konsep sekaligus di bawah merek Toyota dan Lexus.

Perkenalan mobil konsep secara masal ini sebagai bentuk keseriusan Toyota dan Lexus untuk menggarap pasar mobil listrik di masa depan, termasuk perkenalan versi produksi dari Toyota bZ 4X dan Lexus RZ.

Dengan beberapa di antara berbasis dari versi produksi dan sebagian merupakan model baru di bawah platform khusus EV e-TNGA, line-up produk masa depan Toyota dikategorikan menjadi dua - carbon-reducing vehicles (HEVs, PHEVs, dan lain-lain) dan carbon-neutral vehicles (BEVs, FCEVs, dan lain-lain).

Jajaran Toyota bZ Series

Foto: Toyota

Jajaran pertama yang diperkenalkan oleh Toyota adalah Toyota bZ (beyond Zero), jajaran khusus yang dipersiapkan sebagai mobil listrik berharga terjangkau dengan platform baru e-TNGA.

Jajaran Toyota bZ sendiri meliputi Toyota bZ 4X dan empat mobil konsep lainnya, meliputi "bZ Compact SUV" berdesain layaknya SUV kupe, "bZ sdn" berbentuk sedan, SUV besar dalam wujud "bZ Large SUV", dan SUV kompak "bZ Small Crossover" yang didesain khusus untuk pasar Jepang dan Eropa dengan target konsumsi 125 Wh/km.

Jajaran Mobil Konsep Listrik Lexus

Foto: Toyota

Jajaran untuk merek Lexus mencakup Lexus RZ, EV pertama Lexus dengan platform e-TNGA yang merupakan versi produksi dari konsep LF-Z Electrified. Lalu ada sport car EV yang terlihat sebagai suksesor dari Lexus LFA dengan jangkauan yang diharapkan lebih dari 700 km (435 mil) berkat baterai solid-state.

Selain itu, Lexus memperlihatkan prototipe SUV besar (Lexus Electrified SUV) dan sebuah sedan yang tidak disebutkan namanya. Yang terakhir juga muncul sebuah hatchback dalam rendering resmi, bersama dengan cabriolet 2+2 yang menampilkan gaya serupa.

Keberagaman Toyota EV

Foto:Toyota

Terakhir Toyota memperkalkan jajaran mobil listrik lain yang tergabung dalam "the diverse Toyota EVs”. Jajarannya sendiri meliputi shuttle bus autonomous, dua model komersial bernama "Micro Box" dan "Mid Box". Compact Cruiser EV dengan inspirasi desain dari Toyota FJ Cruiser, dan sebuah pikap listrik konsep dengan desain menyerupai Toyota Tacoma.

Selanjutnya adalah duo konsep "Small SU EV" dan "Crossover EV" sebagai konsep mobil listrik crossover. Terakhir, ada konsep sports car EV dengan proporsi mesin tengah yang dipercaya sebagai suksesor dari Toyota MR2.

Semua mobil listrik konsep yang diperkenalkan oleh Toyota dan Lexus merupakan rencana jangka panjang untuk memperkenalkan lebih dari 30 mobil listrik pada tahun 2030, dengan target penjualan global sebesar 3,5 juta unit. Lexus juga ditargetkan menjadi merek mobil listrik di Amerika, Eropa, Jepang, dan China pada tahun 2030 dengan penjualan 1 juta unit.

Demi mencapai target tersebut, Toyota menanamkan investasi 2 triliun Yen (252 Triliun Rupiah) untuk produksi baterai pada tahun 2030. Toyota dan Lexus ditargetkan menjadi carbon neutral pada tahun 2035 mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)