Tips Cara Menaklukkan Gang War Lebih Mudah di GTA: San Andreas

Gaming 5 Des 2021

Semua orang setuju bahwa Grand Theft Auto: San Andreas merupakan salah satu gim open-world terbaik sepanjang masa, dengan luasnya wilayah yang bisa dijelajahi dan mekanisme gameplay nan ciamik membuatnya tetap dimainkan banyak gamer sampai saat ini.

Salah satu hal menarik dari San Andreas adalah mekanisme gang war yang pertama kali diperkenalkan pada misi "Doberman" oleh Sweet, dimana kalian akan merebut berbagai wilayah di Los Santos dari geng musuh. Apalagi mekanisme ini menjadi esensial di bagian akhir permainan untuk membuka misi terakhir sekaligus menamatkan gim ini.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu CJ alias "Ucok" mengambil alih wilayah geng lawan tanpa banyak masalah. Beberapa gambar di artikel ini diambil dari GTA: San Andreas versi mobile yang dimainkan oleh penulis sendiri.

1. Selalu Mampir ke Ammu-Nation Sebelum 'Berperang'

Satu hal yang pasti, jangan terpikir untuk memulai gang war dengan tangan kosong, karena sudah pasti Ucok langsung diberondong rentetan peluru senjata api dari musuh.

Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mampir ke Ammu-Nation terdekat untuk berbelanja pelindung dan berbagai senjata api yang dibutuhkan sebelum 'berperang' di wilayah geng musuh.

2. Rekrut Anggota Grove Street Sebagai Support

Gang war pada dasarnya adalah Ucok melawan segerombolan geng musuh, jadi tentu saja pihak musuh unggul telak dalam hal jumlah. Oleh karena itu, Ucok bisa merekrut beberapa anggota Grove Street sebagai bantuan.

Harap diingat bahwa anggota Grove Street sama tidak bisa diandalkan jika menghadapi geng musuh secara langsung, jadi kalian bisa memanfaatkannya sebagai pengalih perhatian jadi Ucok bisa lebih mudah mengalahkan musuh.

3. Jadikan Katie Zhen Sebagai Pacarnya Ucok

Ada beberapa karakter yang bisa dijadikan pacar bagi Ucok di San Andreas. Salah satunya adalah Katie Zhen yang dianggap sebagai pacar terbaik yang bisa dikencani oleh Ucok. Alasannya sederhana, yaitu perk yang dimilikinya dianggap sebagai yang terbaik di dalam gim.

Dengan mengencani Katie, biaya perawatan rumah sakit ketika Ucok tewas menjadi gratis. Selain itu, persenjataan yang dimiliki tidak akan lenyap begitu saja, jadi kalian tidak perlu membangun persenjataan untuk Ucok dari awal jika sempat tewas karena suatu alasan.

4. Keliling Area Sekitar untuk Health dan Armor

Dalam menghadapi beberapa gelombang musuh, kamu mungkin berada di situasi genting dimana health sudah mulai menipis. Untungnya, mekanisme gang war juga menghadirkan health dan armor yang bisa diambil di dalam wilayah yang diperebutkan.

Biasanya health dan armor akan muncul di tempat sama dengan musuhmu, yang mana akan selalu muncul di arah yang berlawanan dengan kemana Ucok melihat, jadi kalian dituntut untuk bergerak di daerah sekitar dan tidak berdiam diri saja di satu tempat.

5. Singgah Restoran Cepat Saji Untuk Memulihkan Health-nya Ucok

Meskipun sudah diberikan health pada daerah yang diperebutkan, sebenarnya jumlah yang diberikan terbilang terbatas. Nah, jika berada di sebuah daerah dimana terdapat restoran cepat saji, kalian bisa memanfaatkannya untuk memulihkan health-nya Ucok.

Kalian bisa bertahan di depan restoran sebagai opsi jika tidak ingin bergerak terlalu jauh untuk sekedar mencari health sampai gang war selesai.

6. Sering Cari Tempat Berlindung di Sekitar

Jika memungkinkan, cobalah untuk melakukan mitigasi serangan yang diterima Ucok dengan sering mencari perlindungan terdekat. Pelindung sendiri bisa berupa dinding ataupun dibalik mobil. Walaupun untuk mobil sendiri tidak terlalu cocok sebagai pelindung karena bisa saja meledak sewaktu-waktu karena rentetan serangan musuh, tapi setidaknya Ucok bisa berlindung untuk sementara waktu.

7. Tembak Dari Jarak Sejauh Mungkin

NPC musuh memiliki kecenderungan untuk mendekati Ucok sampai dalam jarak tertentu sebelum melakukan serangan. Pada dasarnya, kalian bisa menembak dari jarak sejauh mungkin sebelum mereka mendekat.

Kalian bisa memanfaatkan assault rifle seperti AK-47 dan M4 memiliki fire range yang cukup jauh, atau bisa menggunakan sniper rifle jika ingin mengalahkan musuh dari jarak yang lebih jauh. Memang ini bukan strategi yang menantang tapi sangat efektif.

8. Kumpulkan Ammo dari Musuh Setiap Menyelesaikan Gang War

Setiap musuh yang dijatuhkan, mereka akan selalu meninggalkan persenjataan yang mereka pakai. Kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan ammo setiap menyelesaikan gelombang musuh.

Setidaknya kalian tidak perlu harus merogoh kocek untuk mengisi ulang persenjataan setiap kali melakukan gang war

9. Lakukan Gang War Jika Direpotkan oleh Polisi

Ini sebenarnya bukan tips, tapi kalian bisa melakukan gang war jika Ucok direpotkan oleh Polisi yang selalu mengejarnya. Melakukan gang war akan menghapus wanted level dan akan mencegah perhatian dari Polisi. Karena rasanya tentu saja pemain akan menghindari untuk melawan Polisi dan geng musuh secara bersamaan.

Demikian tips buat para Ucok menghadapi gang war yang eksentrik ini. Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition tersedia untuk PC, Playstation 5, Playstation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Switch.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)