Ditentang Banyak Pihak, Nvidia Batalkan Akuisisi Arm Dari SoftBank Group

Teknologi 27 Jan 2022

Setelah tidak ada kabar lanjut mengenai persetujuan akuisisi, Nvidia dikabarkan akan membatalkan proses akuisisi Arm dari SoftBank Group Corp, setelah mendapatkan tentangan dari banyak pihak dengan alasan potensi monopoli pasar.

Ditentang oleh Berbagai Pihak

Dilansir dari Bloomberg, salah satu orang dari Nvidia yang dirahasiakan namanya mengatakan bahwa pihaknya tidak mengharapkan transaksi ini dibatalkan. Total dana yang dikucurkan oleh Nvidia untuk akuisisi Arm tidak main-main juga yaitu sebesar USD 40 Miliar.

Penyebab pembatalannya dikarenakan oleh tekanan dari berbagai pihak, baik dari pemerintahan berbagai negara maupun perusahaan yang akan terdampak oleh akuisisi Nvidia terhadap Arm jika sampai benar-benar terjadi.

Pertama, Federal Trade Commisison di AS yang menggugat dengan alasan potensi monopoli pasar chip. Perusahaan Chipset seperti Qualcomm dan Mediatek juga menentang akuisisi tersebut dengan alasan serupa. Pemerintah Inggris dan Tiongkok pun juga ikut menentang akuisisi ini. Pembatalan akuisisi ini turut menyebabkan turunnya saham Nvidia sebesar 5 persen.

SoftBank - pemilik dari Arm saat ini akan tetap mendapatkan dana sebesar USD 3,25 Miliar dari Nvidia yang terdiri dari USD 2 Miliar dana sebagai bagian dari kesepakatan pertama, serta Nvidia diperkirakan mengalami kerugian sebesar USD 1,25 Miliar atas pembatalan tersebut .

Potensi Monopoli Pasar Chip

Sementara itu SoftBank tengah menyiapkan IPO saham untuk Arm. Proses akuisisi Arm oleh Nvidia menyebabkan pertentangan banyak pihak. Alasannya adalah jika akuisisi tersebut berhasil, Nvidia berpotensi dapat memonopoli pasar chip global dengan memanfaatkan kontrol penuh terhadap Arm, apalagi chip shortage yang masih melanda juga memperburuk keadaan.

Arm merupakan perusahaan yang mendesain arsitektur chip. Arm mendapatkan royalti atas desain chip dari berbagai perusahaan seperti Qualcomm, Mediatek, Apple, dan masih banyak lagi.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis