[FOKUS] Undangan Pernikahan Berbasis Web Jadi Pilihan Calon Pengantin Masa Kini

Fokus 30 Jan 2022

Pernikahan, salah satu momen langka yang didamba setiap pasangan. Hadir hanya sekali seumur hidup, banyak yang menginginkan agar momen tersebut bisa dikenang sepanjang masa.

Di era modern seperti saat ini, perlahan teknologi mulai masuk ke dalam seremoni yang sakral ini. Salah satu di antaranya adalah undangan, yang bukan hanya sekadar ajakan semata, namun juga pengharapan agar kehadiran sahabat dan kerabat membuat momen pernikahan semakin berkesan.

Barangkali sejak beberapa tahun ke belakang, undangan fisik berbasis kertas perlahan ditinggalkan, dan berganti dengan undangan berbasis web. Ada juga undangan berupa video, dan undangan berupa foto, yang juga disebar melalui internet, khususnya media sosial. Dalam fokus kali ini kita cukup membahas soal undangan berbasis web.

Apa Itu Undangan Berbasis Web?

Undangan berbasis web adalah sebuah laman web satu halaman yang berisi informasi berupa nama kedua calon mempelai, dengan tanggal dan lokasi acara yang akan berlangsung. Beberapa undangan juga menyertakan foto kedua mempelai, form buku tamu, pesan dan kesan, serta musik latar yang meramaikan suasana.

Undangan berbasis web ini juga makin hari makin diincar kedua mempelai dengan berbagai pertimbangan. Undangan ini dapat lebih mudah dikirim melalui pesan singkat atau aplikasi chat. Berbeda dengan undangan konvensional yang mengharuskan penghantar mencari lokasi saudara atau kerabat yang diundang.

Undangan ini juga tidak memerlukan kertas, sehingga bisa dikatakan sangat ramah lingkungan. Selain itu juga, dengan berbasis web, berbagai konten dapat dengan mudah dimasukkan, seperti foto, audio, video, bahkan lokasi acara dengan menggunakan aplikasi peta daring seperti Google Maps. Sangat memudahkan dalam mencari lokasi acara, bukan?

Bagaimana Membuat Undangan Berbasis Web?

Tidak perlu memiliki ilmu koding yang tinggi, kamu cukup mendatangi agensi yang dapat membuat undangan ini. Kamu akan diberi pilihan paket sesuai anggaran yang kamu miliki. Beberapa juga menyertakan paket berupa undangan video maupun foto.

Harga dibanderol mulai dari 79 ribu Rupiah untuk undangan berbasis web, tergantung agensi dan konten yang ingin dimasukkan. Template juga disediakan oleh tiap agensi, jadi kamu dapat memilih mana yang jadi favorit kamu.

Ada beberapa situs web yang menyediakan jasa ini, dua di antaranya adalah Menica.pro dan eR Project.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk membuat undangan berbasis web? Yuk coret-coret di kolom komentar. Dan buat kamu yang sudah punya pengalaman dalam membuat undangan ini, atau bahkan membangunnya sendiri, yuk bagikan pengalaman kamu.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.