GRMN Yaris Debut Sebagai Versi Hardcore Hot Hatch Toyota

Otomotif 14 Jan 2022

GR Yaris boleh dibilang sebagai salah satu hot-hatch paling desirable dalam beberapa tahun terakhir sebagaimana dia memang "terlahir" sebagai homologasi WRC untuk berkompetisi di ajang reli dunia.

Nah, melalui acara Tokyo Auto Salon 2022, Toyota resmi meluncurkan versi "hardcore" dari GR Yaris yaitu GRMN Yaris - ditujukan untuk penggunaan di sirkuit maupun reli.

Lighter and Wilder

Hal pertama yang perlu ketahui dari GRMN Yaris adalah perubahan pada mesinnya - masih mengandalkan G16E-GTS 1.6-liter tiga-silinder turbo dengan tenaga 268 hp dan torsi 390 Nm, meningkat dari 373 Nm di versi standar.

Sebagaimana sebuah versi lebih 'keras', GRMN Yaris hadir dengan bobot 20 kilogram lebih ringan dari GR Yaris berkat penggunaan serat karbon pada kap mesin dan atap, serta ketiadaan bangku belakang. GRMN Yaris juga mendapatkan titik pengelasan 565 titik lebih banyak daripada GR Yaris untuk meningkatkan rigiditas bodi, serta mendapatkan girboks manual 6-percepatan dengan close-ration dan mechanical limited-slip differential menggantikan Torsen LSD pada GR Yaris.

Circuit and Rally

Sebagaimana GRMN Yaris ditujukan untuk penggunaan di sirkuit dan reli, Toyota juga menghadirkan paket upgrade dalam bentuk Circuit Package dan Rally Package.

Circuit Package mendapatkan upgrade tambahan meliputi Bilstein shock absorber, velg BBS 18-inci, serta spoiler serat karbon dengan lip spoiler dan side skirt. Paket ini hanya tersedia terbatas sebanyak 50 unit dalam warna Matte Black.

Sedangkan Rally Package yang ditujukan untuk penggunaan reli mendapatkan GR shock absorber & short stabilizer link set, under guard, dan roll bar.

GRMN Yaris sendiri akan dibatasi sebanyak 500 unit dan itu pun hanya ditujukan untuk pasar Jepang dengan harga 7.317.000 yen (918,7 juta rupiah) untuk varian standar, 8.467.000 yen (1,06 miliar rupiah) untuk Circuit Package dan 8.378.764 yen (1,05 miliar rupiah) untuk Rally Package. Toyota akan mengadakan undian untuk menentukan siapa yang beruntung untuk memiliki salah satu dari 500 unit GRMN Yaris yang tersedia.

Foto: Toyota

Sumber: Toyota Gazoo Racing Press Release

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.