Ini Dia 8 Mobage Terlaris Tahun 2021 dengan Penghasilan Lebih dari $1 Milyar

Gaming 6 Jan 2022

Sudah hampir seminggu setelah kita mengucapkan selamat tinggal tahun 2021 dan menyambut tahun 2022. Tentu ada banyak sekali game yang diluncurkan pada tahun 2021 kemarin, baik untuk konsol, PC, maupun mobile, serta hal-hal menarik dibalik kesuksesan game tersebut, salah satunya adalah game mobile terpopuler dengan penghasilan terbesar.

Sensor Tower telah merilis daftar delapan game mobile terlaris sepanjang tahun 2021 berdasarkan jumlah penghasilan dari 1 Januari 2021 hingga 14 Desember 2021. Uniknya, kedelapan game tersebut telah meraup penghasilan lebih dari $1 Milyar (14 Triliun Rupiah).

Berikut adalah delapan mobile game terlaris tahun 2021 dengan penghasilan lebih dari $1 Milyar oleh Sensor Tower.

8. Garena Free Fire

Garena Free Fire tentu saja tidak asing bagi pecinta battle royale sebagai salah satu game terpopuler di Indonesia. Diluncurkan pertama kali untuk Android dan iOS pada 23 Agustus 2017 oleh developer 111 Dots Studio.

Dengan genre battle royale yang dipopulerkan oleh Player Unknown's Battleground (PUBG), Free Fire juga mendulang kesuksesan yang sama berkat gameplay yang bervariasi serta berbagai event yang menghibur.

Dengan kepopuleran tersebut, Free Fire berhasil meraup pendapatan pendapatan sekitar $1,1 Miliar atau sekitar Rp 15,83 Triliun sepanjang tahun 2021.

7. Candy Crush Saga

Candy Crush Saga sendiri merupakan mobile game dengan tanggal rilis paling tua dalam daftar ini. Game yang berawal sebagai browser game pertama kali dirilis untuk iOS pada 14 November 2012 dan Android sebulan setelahnya.

Meski sudah berumur hampir sepuluh tahun, game ber-genre match three puzzle buatan developer King ini masih sangat populer di berbagai kalangan umur, baik anak-anak hingga orang dewasa berkat gameplay yang sangat mudah untuk dipahami.

Tidaklah heran bahwa bahkan pada tahun 2021 ini, Candy Crush Saga masih mampu meraup penghasilan sebesar $1,2 Miliar atau sekitar Rp 17,27 Triliun menurut Sensor Tower.

6. Pokemon GO

Pokemon GO adalah game berbasis Augmented Reality (AR) yang merupakan hasil kerja sama antara developer Niantic dengan Nintendo serta The Pokemon Company yang dirilis pertama kali pada 6 Juli 2016.

Ketika pertama kali dirilis, Pokemon GO langsung menuai heboh di seluruh dunia, termasuk di Indonesia berkat implementasi AR yang memukau. Pemain dituntut berkeliling di sekitar area untuk menangkap berbagai pokemon dengan memanfaatkan fitur GPS. Pemain bisa berkompetisi dengan trainer lainnya melalui fitur gym.

Sepanjang tahun 2021, Pokemon GO mendapatkan penghasilan sekitar $1,2 Miliar atau sekitar Rp 17,2 Triliun.

5. Coin Master

Coin Master pertama kali dirilis pada tahun 2015 oleh developer Moon Active, dimana pemain dituntut untuk membangun pedesaan sekaligus menyerang desa pemain lain untuk menjarah emas di desa tersebut.

Coin Master populer di kalangan pemain casual karena gameplay-nya yang santai. Tidak heran Coin Master berhasil meraih total pendapatan sebesar $1,3 Miliar atau sekitar Rp 18,71 Triliun sepanjang tahun 2021.

4. Roblox

Roblox pertama kali dirilis oleh developer Roblox Corporation pada 1 September 2006 di platform PC. Namun versi mobile baru dirilis untuk platform iOS pada 11 Desember 2012 dan Android pada 16 Juli 2014.

Roblox adalah game dengan genre game-creation yang memungkinkan pemain untuk menciptakan gameplay sendiri yang bisa dimainkan bersama dengan pemain lain. Kebebasan menciptakan gameplay ini menjadikannya populer di kalangan gamer berbagai usia.

Sensor Tower mencatat Roblox berhasil mendapatkan total penghasilan sebesar $1,3 Miliar atau sekitar Rp 18,7 Triliun sepanjang tahun 2021.

3. Genshin Impact

Genshin Impact pertama kali dirilis oleh miHoYo pada 28 September 2020 untuk Android, iOS, PC, PS4 dan kemudian disusul untuk PS5.

Kepopuleran Genshin Impact dan masuk daftar ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Konsep oper world yang sangat masif serta disertai dengan berbagai gameplay yang bervariasi, dan tentu saja karakter yang sangat menarik dan charming. Tidak mengherankan game ini sukses besar dan digemari pemain umum, bukan hanya pecinta anime saja.

Sepanjang tahun 2021, Genshin Impact berhasil meraup penghasilan sebesar $1,8 Miliar atau sekitar Rp 25,9 Triliun menurut Sensor Tower.

2. Honor of Kings (Arena of Valor)

Honor of Kings dirilis pada tanggal 26 November 2015 untuk platform Android dan iOS oleh developer TiMi Studio Group. Di Indonesia, game ini lebih dikenal dengan nama Arena of Valor.

Sebagaimana game ber-genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Honor of Kings menjadi salah satu game terpopuler dengan penghasilan sebesar $2,8 Miliar atau sekitar Rp 40,27 Triliun.

1. PUBG Mobile

Berawal dari sebuah mod untuk ARMA 2 hingga menjadi PlayerUnknown’s Battlegrounds sekaligus mempopulerkan battle royale. Kesuksesannya semakin meroket setelah perilisan PUBG Mobile oleh developer LightSpeed & Quantum Studio pada 19 Maret 2018.

PUBG Mobile menghadirkan gameplay layaknya versi aslinya, mempertatungkan 100 pemain satu sama lain di sebuah pulau besar hingga menyisakan satu pemain sebagai ‘winner winner chicken dinner‘.

Sensor Tower mencatat PUBG Mobile berhasil meraih pendapatan $2,8 Miliar atau sekitar Rp 40,2 Triliun, menjadikannya sebagai game mobile terlaris sepanjang tahun 2021.

Foto: Sensor Tower

Begitulah daftar delapan game terlaris sepanjang tahun 2021, apakah kalian memainkan salah satu dari game tersebut?

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.