Pengunjung Membludak, Event Animetokucon Batalkan Hampir Semua Kegiatan

Pop Kultur 23 Jan 2022
Ilustrasi Event I Miss You Japan Festival dan Animetokucon yang berlangsung di Mall of Indonesia, Jakarta Utara yang direncanakan mulai dari tanggal 14 hingga 23 Januari 2022 (Foto: Media Formasi).

Kabar kurang mengenakkan datang dari jagad dunia Jejepangan. Event Animetokucon, sebuah event toys fair dan disertai sejumlah sesi acara bertema Cosplay dan Jejepangan mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang sangat ekstrim.

Warganet sendiri membahas hal ini di sejumlah media sosial Facebook dan Instagram, hingga menjadi viral. Digelar di Mall Of Indonesia, terlihat pengunjung sangat membludak sejak Sabtu (22/1) siang hingga sore kemarin.

Antrian pengunjung terlihat menumpuk dan tak beraturan serta suasana yang tidak kondusif. Selain pengunjung, banyak cosplayer yang berada di satu area berkumpul dan tak jaga jarak.

Foto yang beredar di media sosial yang menampilkan keramaian di Mall o Indonesia (Facebook).

Akibat membludaknya pengunjung event. Panitia Animetokucon membatalkan sejumlah acara, terutama sesi on-stage idol Group Shojo Complex dan sejumlah bintang tamu lainnya. Panitia juga sempat memindahkan sesi Cosplay ke sebuah ruangan gedung bioskop swasta setempat.

Tak hanya itu, panitia juga mengumumkan melalui Facebook dan Instagram bahwa mereka membatalkan hampir seluruh sesi acara, terutama On-stage dan Cosplay Competition untuk pelaksanaan hari terakhir event yang akan digelar pada Minggu (23/1) besok.

Sumber: https://www.facebook.com/animetokucon

Dalam sebuah Instagram Story, panitia juga sudah menghimbau kepada para pengunjung untuk selalu menaati protokol kesehatan Covid-19, mengingat akhir-akhir ini jumlah kasus Covid-19, terutama varian baru Omicron terus meningkat.

Namun, pengunjung masih dapat mendatangi area event asalkan tidak melanggar protokol kesehatan. Kemudian, panitia dan pihak mall juga melarang pengunjung untuk melakukan aktivitas cosplay dan para cosplayer tidak akan diizinkan masuk ke dalam ruangan.

Berbagai booth dan tenant baik itu merchandise atau makanan masih dibuka namun dengan menjaga protokol kesehatan.

Sempat Ditegur Petugas Karena Langgar Prokes

Sebelumnya, kru Media Formasi pada minggu lalu sempat mendatangi event yang berada di Mall of Indonesia ini. Event yang bernama I Miss You Japan Festival sempat mendapatkan teguran dari Satgas Covid-19.

Hal ini dikarenakan pada saat ada penampilan dari idol atau dari guest star lainnya, terdapat beberapa pengunjung yang tidak menaati protokol kesehatan seperti terlalu berkerumun dan melepaskan maskernya.

Terdapat juga keluhan dari warga sekitar atau warga biasa yang mengunjungi Mall of Indonesia atau area Kelapa Gading. Mereka mengeluhkan kalau jalanan menjadi sangat macet sampai tidak bergerak, baik di sekitar MOI hingga dalam wilayah mall seperti basement yang membuat antrian panjang baik saat arah masuk atau keluar mall.

Ada Dua Event yang Berbeda di Mall of Indonesia

Sebagai catatan, perlu diketahui bahwa terdapat dua event yang berbeda dengan dua Event Organiser (EO) yang berbeda juga.

Event pertama adalah I Miss You Japan Festival (EO oleh Barcode) yang konten utamanya berlangsung dari tanggal 14, 15, dan 16 Januari 2022. Sedangkan untuk minggu setelahnya yaitu tanggal 22 dan 23 Januari 2022 diisi oleh Animetokucon (EO oleh Sacca Production).

Kesamaan dari kedua event tersebut adalah tempat pelaksanaannya sama-sama di Mall of Indonesia, terutama di Main Atrium.

Namun di media sosial kedua event tersebut dipromosikan dengan durasi waktu yang sama, yaitu berlangsung dari tanggal 14-23 Januari 2022.

Untuk event I Miss You Japan Festival, selain dari tiga tanggal yang disebutkan diatas, maka hanya diisi oleh booth merchandise dan makanan yang utamanya berada di area luar, yaitu Lobby 7 MOI.

Tag

Yehezkiel Frederik

Di antara dengan Visio

Photography, Technology and Videography Enthusiast