Rayakan Ulang Tahun Ke-96, Sadinah Ibu Kasur Hadir di Google Doodle

Umum 16 Jan 2022

Hari ini, 16 Januari 2022 menandakan ulang tahun dari salah satu seniman sekaligus tokoh pendidikan Indonesia, Sadinah atau lebih dikenal sebagai Ibu Kasur. Google pun merayakannya dengan menghadirkan Google Doodle bertema Ibu Kasur  yang mengenakan baju berwarna merah muda dengan motif bunga.

Ibu Kasur sangat terkenal oleh penggemarnya sebagai seniman yang menciptakan berbagai lagu anak-anak, seperti Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi. Serta juga menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI bersama suaminya.

Riwayat Hidup Ibu Kasur

Foto: id.theasianparent.com

Sadinah lahir di Batavia, Hindia Belanda pada tanggal 16 Januari 1926. Beranjak dewasa, Sadinah bergabung dengan Pramuka Indonesia dimana beliau pertama kali bertemu dengan Soerjono.

Mereka berdua kemudian menikah di Yogyakarta pada 29 Juli 1946, dan Sadinah mendapat julukan "Ibu Kasur", merujuk pada sapaan akrab suaminya, yaitu "Kak Soer" sewaktu masih muda, yang kemudian dikenal sebagai pasangan Ibu Kasur dan Pak Kasur. Mereka dikaruniai liman anak, yakni Sursantio, Suryaningdiah, Suryo Prabowo, Suryo Prasojo, dan Suryo Pranoto.

Berawal dari dedikasi dan minat terhadap pendidikan, beliau beserta suaminya mendirikan TK mini pada tahun 1965. Beberapa tokoh terkenal yang menjadi alumni TK mini meliputi Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng.

Ibu Kasur memperluas kontribusinya di dunia pendidikan dengan pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia, serta menjabat sebagai ketua Yayasan Setia Balita, yang mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional pada 1990-an.

Bersama Pak Kasur, nama Ibu Kasur langsung tenar ketika menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI, serta tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI pada awal 1990-an.

Berkat kontribusinya terhadap dunia pendidikan, Ibu Kasur mendapat beberapa penghargaan seperti Bintang Budaya Para Dharma pada 1992, penghargaan dari Presiden dalam rangka Hari Anak Nasional pada 1988, dan Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari Pemerintah Italia pada 1976.

Ibu Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini, Jakarta, pada tanggal 22 Oktober 2002 akibat serangan stroke. Beliau dimakamkan di samping makam Pak Kasur di Desa Kaliori, Banyumas, Jawa Tengah.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)