Berdayakan Talenta Digital Dalam Hadapi Disrupsi Teknologi, Sea Scholarship 2022 Gandeng Enam Universitas Ternama

Teknologi 16 Feb 2022

Jawab tantangan talenta industri digital, Sea, perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara dan sekitarnya, kembali hadirkan beasiswa prestasi unggulan Sea Scholarship 2022. Beasiswa yang tahun ini bekerjasama dengan Universitas Indonesia, BINUS University, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Del, tak hanya dorong pengembangan diri mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan masa depan mereka melalui pengalaman kerja dan kesempatan berkarir di perusahaan teknologi kelas dunia.

Beasiswa Sea Scholarship 2022 ditawarkan bagi mahasiswa Indonesia di tahun pertama, kedua, dan ketiga yang berkomitmen untuk konsisten menjaga prestasi akademiknya semasa perkuliahan. Penerima beasiswa akan dibekali dengan tunjangan bulanan sepanjang perkuliahan, serta rangkaian program capacity building berupa pelatihan, seminar, dan diskusi bersama tokoh-tokoh inspiratif maupun sesi khusus bersama manajemen Sea. Penerima beasiswa Sea Scholarship juga berkesempatan untuk magang maupun kerja di salah satu perusahaan naungan Sea, yaitu penerbit dan pengembang games Garena, e-commerce Shopee, dan jasa keuangan digital SeaMoney.

“Meningkatkan talenta yang siap kerja di era digital merupakan bagian dari komitmen Sea. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan taraf hidup konsumen dan dunia usaha melalui teknologi. Di tahun ini, kami menggandeng enam universitas ternama di Indonesia dan kembali menawarkan beasiswa penuh selama perkuliahan Memasuki tahun kelima Sea Scholarship, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi generasi muda penerima beasiswa guna menjembatani talent-gap pada industri digital di Indonesia,” ujar Hans Saleh, Country Head Garena Indonesia.

Sea Scholarship 2022 dirancang sesuai dengan aspirasi anak muda Asia Tenggara yang membutuhkan peningkatan kemampuan dan karakter pasca pandemi. Mengingat talenta era digital tidak hanya fokus pada hardskill, tetapi juga softskill untuk beradaptasi pada dunia kerja masa depan. Riset Sea dan World Economic Forum tahun 2021 berjudul ASEAN Digital Generation Report 2021 1menunjukkan bahwa 47% masyarakat Indonesia menganggap kreativitas dan inovasi menjadi skill paling penting di dunia pasca pandemi, diikuti skill penggunaan teknologi (40%), disiplin diri (31%) dan ketahanan dan kemampuan adaptasi (30%).

Dalam acara pembukaan Sea Scholarship 2022, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia - Nadiem Makarim yang diwakili oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Dikti-Ristek) - Prof. Nizam turut hadir dalam acara tersebut.

“Pemerintah, dunia usaha, dan universitas harus dapat bersinergi untuk mendorong kemajuan dunia pendidikan Indonesia dan dan pengembangan anak muda. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih atas konsistensi dan kontribusi Sea atas program Sea Scholarship 2022. Tak hanya mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa, kami berharap beasiswa ini dapat mendorong pengembangan diri penerima beasiswa. Sesuai kebijakan Kampus Merdeka Kemendikbud-Ristek kami siap mendukung dunia usaha yang membuka kolaborasi industri - universitas lewat program magang industri,” ujar beliau sembari memberikan penjelasan.

Konsisten sejak 2018, Sea Scholarship telah menerima lebih dari 3,700 pendaftar beasiswa dan tercatat lebih dari 90 mahasiswa yang telah menerima beasiswa.

“Sea adalah tempat di mana talenta-talenta dapat menyalurkan bakat dan berkembang dalam skala besar, menikmati kebebasan berkreasi dan melahirkan ide-ide, dan mencapai yang belum terbayangkan. Data internal Sea menunjukkan bahwa alumni lulusan Sea Scholarship dapat berkontribusi secara maksimal, ketika bekerja di Sea. Untuk itu Sea Scholarship menghadirkan berbagai benefit yang kompetitif, baik finansial maupun non-finansial, agar program ini dapat menjadi sarana bagi penerima beasiswa menggali potensi diri lebih dalam,” tambah Lead People Team & Sea Scholarship Committee, Fathimah Prajna Iswari.

Sea Scholarship 2022 dibuka dari tanggal 14 Februari-14 Maret 2022. Proses pemilihan beasiswa akan dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu registrasi (14 Februari-14 Maret 2022), seleksi administrasi (15-18 Maret 2022), ujian secara daring (24-26 Maret 2022), tahap penilaian (28 Maret-01 April 2022), interview secara daring (06-14 April 2022) dan tahap terakhir yaitu pengumuman yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2022. Keterangan lebih lengkap mengenai proses pemilihan, persyaratan dan benefit yang ditawarkan dapat dilihat di https://idscholarships.sea.com/ dan official Instagram @SeaScholarshipID.

Tentang Sea

Misi Sea adalah meningkatkan kehidupan konsumen dan bisnis kecil di wilayah kami dengan teknologi. Wilayah kami termasuk pasar utama dari Indonesia, Taiwan, Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Sea mengoperasikan tiga perangkat di seluruh hiburan digital, e-commerce, dan jasa keuangan digital, yang secara berurutan dikenal sebagai Garena, Shopee, dan SeaMoney.

Sumber: Press Release

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.