Sumber foto: https://www.clashcosplay.com/post/3-alasan-icgp-2022-batal

Buntut Kenaikan Kasus COVID-19, ICGP 2022 Batal Digelar di Semua Kota Penyelenggara

Pop Kultur 20 Feb 2022

Satu lagi event besar yang ditunggu-tunggu terpaksa harus batal akibat kenaikan kasus COVID-19. Panitia Indonesia Cosplay Gran Prix dengan amat terpaksa membatalkan ajang ICGP 2022 di seluruh kota penyelenggara.

Pengumuman pembatalan itu sendiri dikonfirmasi via web ataupun fanspage Facebook resminya, Jumat (18/2) lalu. Rencananya, jika kenaikan kasus dalam kondisi aman, ajang ini bisa saja berlangsung di Medan, Pekanbaru, Bandung, Yogyakarta, Bali, Makassar, dan Jakarta secara offline mulai bulan Mei dan Juni 2022. Namun, dengan mempertimbangkan berbagai hal, ajang ini terpaksa harus dibatalkan demi membantu mengurangi peningkatan kasus yang belum bisa direm.

Alasan pertama panitia membatalkan sesi offline sendiri dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia tak kunjung membaik, terutama sejak munculnya varian baru Omicron sehingga membuat kondisi tak bisa diprediksi.

Alasan lainnya, sebagaimana yang ditulis dalam situs resmi Clas:H Cosplay, jumlah peserta di berbagai kota penyelenggara yang masih terbatas, serta aturan karantina yang berat serta dapat menghambat pelaksanaan juga jadi pertimbangan pembatalan event ini.

Sebagai pengingat, aturan karantina Covid-19 sendiri sangat berat. Dikutip dari web resmi Clas:h Cosplay, ketika tim perwakilan cosplay Indonesia diberangkatkan, mereka akan melalui proses karantina selama 14 hari di Jepang, dan kembali melakukan proses karantina beberapa hari ketika kembali ke Indonesia. Ditambah mereka harus mengikuti rangkaian kegiatan WCS yang biasanya diadakan sekitar 10 hari. Jadi, total kedua peserta harus bisa mempersiapkan waktu ±1 bulan demi mengikuti seluruh agenda yang ada.

Namun, panitia masih memberi secercah harapan. Divisi video dari ajang ICGP masih tetap berlangsung. Bagi yang ingin mengikuti ajang daring ini dapat membaca persyaratan dan aturan lengkap ajang ini melalui situs resmi berikut.

Sumber foto: https://www.clashcosplay.com/post/3-alasan-icgp-2022-batal

Tag

Rizuki

Di antara dengan Agung Suhendro

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.