Dilanda Protes dari Fans, Ubisoft Pindahkan Turnamen Rainbow Six Siege dari Uni Emirat Arab

Gaming 23 Feb 2022

Ubisoft baru-baru ini mengumumkan roadmap untuk turnamen Rainbow Six Siege tahun ketujuh yang diadakan di Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Asia. Namun akhirnya Ubisoft harus sedikit mengubah rencana tersebut setelah pengumuman tersebut memicu gelombang protes dari para fans.

Permasalahan LGBT di Uni Emirat Arab

Sebagaimana dikutip dari Gamespot, Ubisoft berencana untuk mengadakan turnamen Rainbow Six Siege tahun ketujuh di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Rencana ini langsung memicu protes dari fans karena pandangan ekstrem Uni Emirat Arab terhadap LBGT dan isu kesetaraan gender. Untungnya Ubisoft langsung bergerak cepat dengan mengumumkan pemindahan turnamen dari Abu Dhabi melalui akun Twitter Rainbow Six Esports.

"Kami mendengar dengan jelas bahwa anggota komunitas Siege internasional mempertanyakan pilihan ini, dan kami telah mengambil keputusan untuk memindahkan Six Major pada Agustus 2022 ke wilayah Rainbow Six Esports lainnya."

Menanggapi protes dari fans, sebuah petisi pun muncul menuntut Ubisoft untuk memindahkan turnamen Rainbow Six Siege dari Abu Dhabi karena persoalan yang sudah ditulis di awal - LGBT dan kesetaraan gender. Saat artikel ini ditulis, petisi sudah ditandatangani lebih dari 13.000 orang.

Bicara soal Uni Emirat Arab, salah satu negara dari benua Timur Tengah ini memang dikenal sangat menentang LGBT, dimana pelaku tindakan homoseksual dapat dijatuhi hukuman mati sesuai dengan sistem hukum Sharia Law yang diterapkan oleh Uni Emirat Arab. Belum termasuk kasus diskriminasi terhadap perempuan dan para imigran.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh Equaldex, Uni Emirat Arab mendapatkan indeks kesetaraan 2/100, menjadikannya sebagai salah satu negara terburuk dalam hal hak asasi manusia. Karena itulah pemilihan Abu Dhabi menjadi kontroversi, karena dunia Rainbow Six Siege yang sarat akan kekerasan sangat bertentangan dengan budaya Uni Emirat Arab itu sendiri.

Foto: Equaldex

Sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Ubisoft, turnamen Rainbow Six Siege akan dipindahkan dari Abu Dhabi, dengan kota pengganti yang masih belum diumumkan.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)