Discord Perbarui Kebijakan Komunitas, Larang Topik Hoax COVID-19 dan Anti-Vaksinasi

Gaming 27 Feb 2022

Discord sudah menjadi salah satu platform messaging yang populer digunakan. Dengan kepopuleran tersebut, tidaklah herah bahwa Discord bisa saja disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu atau hoax, apalagi kalau topiknya berkaitan dengan pandemi COVID-19 dan teori anti-vaksinasi yang terbilang sensitif.

Untungnya, Discord telah menanggapi hal itu dengan memperbaru kebijakan komunitas mereka.

Tangkal Hoax COVID-19 dan Anti-Vaksinasi

Foto: Discord

Baru-baru ini Discord telah memperbarui kebijakan komunitas mereka dengan klausul yang melarang "penyebaran informasi paslu" yang "dapat menyebabkan risiko kerugian fisik atau sosial yang signifikan". Klausul ini dapat diaplikasikan pada informasi apapun, dengan retorika COVID-19 sebagai contoh utama karena Discor tidak ingin dijadikan sebagai sumber konten anti-vaksinasi ataupun saran medis yang tidak teruji secara klinis.

Lebih lanjut, Discord merilis tulisan blog berjudul 'Addressing Health Misinformation', dimana dijelaskan bahwa mereka melarang "memposting, mempromosikan, atau mengatur komunitas seputar informasi kesehatan yang salah atau menyesatkan yang kemungkinan dapat membahayakan", salah satunya meliputi konten anti-vaksinasi.

Menurut Discord, informasi kesehatan yang 'menyesatkan' didefinisikan sebagai informasi kesehatan apa pun yang "secara langsung dan tegas bertentangan dengan konsensus terbaru yang dicapai oleh komunitas medis." Discord juga merilis daftar topik yang dilarang dalam platfrom-nya meliputi

  • Keamanan, efek samping, atau kemanjuran vaksin.
  • Komposisi, pengembangan, dan persetujuan penggunaan vaksin.
  • Pengobatan penyakit alternatif yang tidak disetujui (termasuk klaim yang mempromosikan bentuk pengobatan sendiri yang berbahaya, serta klaim yang menganjurkan penolakan atau alternatif vaksin).
  • Prevalensi dari suatu penyakit.
  • Penyebaran dan gejala dari suatu penyakit.
  • Panduan, nasihat, atau mandat kesehatan (termasuk klaim palsu tentang tindakan pencegahan dan tindakan yang dapat menghambat penyelesaian keadaan darurat kesehatan masyarakat).
  • Ketersediaan dan kelayakan layanan kesehatan.
  • Konten yang menyiratkan konspirasi kesehatan oleh kekuatan jahat (termasuk klaim yang dapat menyebabkan kerusuhan sosial atau memicu penghancuran infrastruktur penting).

Kebijakan baru dari Discord ini akan mulai berlaku 28 Maret mendatang. Bagi kalian yang penasaran dengan kebijakan komunitas ini bisa kalian lihat disini.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)