Google Hadirkan Chrome OS Flex, Sulap PC dan Mac Lawas Menjadi Chromebook

Teknologi 16 Feb 2022

Chrome OS besutan Google merupakan sistem operasi yang populer karena merupakan sistem yang sangat ringan dan sangat efisien karena pada dasarnya hanya sebuah OS yang menjalankan broser Google Chrome beserta aplikasi di dalamnya.

Dengan segala kemudahan tersebut, mungkin anda kepincut dengan laptop dengan Chrome OS yang biasa disebut Chromebook. Nah, sekalipun harga dari Chromebook terbilang cukup terjangkau, kalian mungkin ragu untuk membelinya karena tetap saja terasa mahal jika tujuannya hanya sekedar mencobanya.

Untungnya, jika kalian punya PC atau Mac yang sudah tidak terpakai, Google memberikan solusinya dengan Chrome OS Flex.

CloudReady 'Resmi' dari Google

Dilansir dari Chrome Enterprise, Google memposisikan Chrome OS Flex sebagai “free-to-download operating system” yang bisa diunduh dan diinstal di PC maupun Mac, walaupun ini bukanlah pertama kalinya bagi Google.

Pada dasarnya, Chrome OS Flex merupakan 'versi resmi' dari dari CloudReady, yang diperoleh Google saat membeli Neverware pada tahun 2020. Chrome OS Flex memungkinkan untuk menginstal Chrome OS ke PC maupun Mac melalui USB flash drive.

Foto: Chrome Enterprise

Google mengklaim Chrome OS Flex akan identik dengan Chrome OS orisinal karena dibangung dari source code yang sama. Meskipun begitu, Google mengatakan bahwa bisa saja ada keterbatasan dari hardware pada PC maupun Mac itu sendiri.

Jika Anda ingin mencoba sendiri Chrome OS Flex, kalian dapat mempelajari lebih lanjut di situs web Chrome Enterprise. Perhatikan bahwa OS masih dalam mode early access, jadi mungkin masih menemukan bug — kalian dapat mem-bootnya langsung dari drive USB jika kalian lebih suka melihat-lihat terlebih dahulu sebelum menginstalnya ke PC maupun Mac.

Via: 9to5google

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)