Ilustrasi Ini Picu Drama di Twitter, Apa Penyebabnya?

Pop Kultur 15 Feb 2022

Baru-baru ini sebuah fanart memicu kontroversi di Twitter karena menampilkan sebuah gadis yang sedang menyantap hidangannya dengan senang. Nah lho, apa yang menjadi akar permasalahannya?

Berawal Dari Sebuah Ilustrasi

Semua berawal ketika ilustrator dengan nama クレハ (Kureha) memposting sebuah ilustrasi melalui akun Twitternya.

Twitter: @KU_RE_HA

Nah, caption yang diberikan oleh ilustrator adalah "サイゼで喜ぶ彼女" (Saize de Yorokobu Kanojo) atau mengilustrasikan seorang pacar perempuan yang senang menyantap hidangan di Saizeriya, dan itulah yang menjadi pemicu drama terhadap fanart ini.

Mungkin kalian bisa memahami kontroversi seperti: "Dadanya tidak mungkin sebesar itu", "Pakaiannya kok begitu?", atau "Nah, ini buat pria jomblo, nih". Permasalahannya adalah, kenapa Saizeriya juga ikut 'terlibat' dalam drama ini?

Apa Itu Saizeriya?

Bagi kalian yang belum tahu, Saizeriya adalah restoran bercabang di Jepang yang terkenal dengan masakan Italia dengan 'twist' ala Jepang. Restoran ini populer di kalangan anak muda di Jepang karena satu alasan, harganya sangat murah.

Contohnya begini, coba lihat menu pizza dibawah ini, harganya saja dimulai dari 299Yen atau sekitar 37 ribu rupiah, dan itupun kalian mendapatkan pizza yang mungkin seukurang dengan Pizza Hut family size di sini. Di Saizeriya kalian bisa mendapat Pizza Hut berukuran besar dengan harga sepertiganya, what a bargain, right?

Foto: Kompasiana.com

Saizeriya memang digandrungi oleh anak muda, tapi di mata perempuan, ada alasan tertentu kenapa tempat seperti Saizeriya bukanlah tempat yang menyenangkan apalagi bagi pasangan yang berpacaran.

Dari perspektif seorang perempuan, ilustrasi tersebut dianggap merepresentasikan "keinginan seorang otaku" untuk makan bersama dengan pacarnya di restoran murah, dan dianggap sebagai "seksualisasi" terhadap perempuan itu sendiri, dan dianggap sebagai pelecehan.

Karena Saizeriya terkenal dengan reputasi restoran berharga terjangkau, perempuan bisa berasumsi bahwa pria tersebut pelit atau sangat miskin sampai bertindak penghematan lebih jauh.

Beberapa netizen memberikan komentar pedasnya, salah satunya sebagai berikut:

"Pernahkan kamu mengajak perempuan yang tidak suka diajak pergi ke Saizeriya? Ada Potak-kun yang percaya dengan 'kebahagiaan pacar di Saizeriya', tapi bukankah itu memalukan untuk mengajaknya berkencan ke Saizeriya? Apa kamu pikir kamu lebih mencintai uangmu sendiri? Kenapa kamu mengekspos ini semua?"

dan masih banyak lagi...

Cosplayer pun Bertindak

Menanggapi drama yang muncul, para cosplayer 'bertindak' dengan memperagakan ilustrasi tersebut.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)