[Mobil Baru Pekan Ini] Yang Baru dari Brand Eropa

Otomotif 26 Feb 2022

Pekan ini, ada beberapa hal baru dari brand Eropa yang hadir di segmen Mobil Baru Pekan Ini. Mulai dari Coupe yang menjadi salah satu produk termurah dari line up brand asal München, Jerman di Indonesia, SUV baru besutan brand asal Wolfsburg, Jerman serta kehadiran brand hypercar asal Ängelholm, Swedia yang akan mulai mengaspal di Indonesia lewat APM barunya.

Coupe Paling Murah dari Brand Asal München

Kita mulai dari brand yang bermarkas di München Jerman, BMW. BMW Indonesia pada 22 Februari jam 2 siang lebih 2 menit kemarin baru saja memperkenalkan BMW 218i di Indonesia sebagai sedan coupe paling murah yang dijual BMW di Indonesia.

BMW 218i Gran Coupe (BMW/Otodriver)

Mengapa demikian? Karena banderol dari BMW 218i ini hanya berkisar Rp 705 juta off the road saja, dan ia diproduksi secara lokal di pabrik Gaya Motor di Jakarta. BTW, BMW 218i yang dijual di tanah air merupakan BMW 218i Sport yang memiliki tampilan yang sporti.

Eksteriornya tentu berbeda gaya dibanding M235i yang merupakan varian yang lebih sporti dari 218i sport. Ia hadir dengan lampu utama LED, Kidney Grill khas BMW yang mirip dengan M235i, pelek 17 inchi dan ia terlihat seperti Seri-8 Gran Coupe dari belakang.

Interior 218i Gran Coupe (BMW/Otodriver)

Fitur-fitur di interiornya pun juga sama seperti BMW kebanyakan. Sebut saya i-Drive generasi terbaru yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay, Parking Assist, Reversing Assistant, Ambient Light, speedometer digital dan lain-lain, plus jok dengan Sensatec Upholstery.

Dimensinya memang cukup kecil, tapi hebatnya, daya akomodasi dari BMW 218i ini cukup luas. Berkat bagasi 430 liter dengan bangku baris kedua yang bisa dilipat 40-20-40.

BMW 218i ini ditenagai mesin yang sama dengan X1, 1.500 cc 3 silinder turbo dengan tenaga mencapai 138 dk dan torsi 220 Nm. Yang disalurkan ke gearbox 7 percepatan otomatis dengan kopling ganda (Dual Clutch Transmission).

SUV Baru dari Wolfsburg

Beralih ke pabrikan asal Wolfsburg Jerman, Volkswagen melalui PT Garuda Mataram Motor baru saja meluncurkan T-Cross baru pada 23 Februari barusan. SUV kompak berteknologi Jerman ini dihadirkan untuk mengisi ceruk yang masih sunyi, yaitu Premium Compact SUV.

Volkswagen T-Cross Indonesia (Volkswagen via Otodriver)

Dibangun diatas platform MQB (Modular Tranverse Matrix), T-Cross hadir dengan berbagai fitur menarik khas ala Volkswagen kekinian. Misal lampu LED dengan Daytime Running Light (DRL), pelek two-tone 17 inchi, fitur infotainment dengan layar sentuh 10 inchii dengan Apple CarPlay dan Android Auto, pengisian daya nirkabel serta 4 port USB Type C di interiornya.

Interior Volkswagen T-Cross Indonesia (Volkswagen via Otodriver)

Mobil yang didatangkan langsung dari negeri Hindustan ini ditenagai mesin 3 silinder 1.0 liter dengan TSI. Ia bisa menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 178 Nm yang disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi 6 percepatan otomatis.

Menurut Volkswagen, mesin ini mempunyai konsumsi BBM sebesar 16,44 km/liter.

Volkswagen T-Cross ini sudah tersedia di jaringan dealer VW di Indonesia dan dibanderol seharga Rp 488 juta OTR Jakarta.

Sang Hypercar asal Ängelholm yang Akan Hadir di Tanah Air

Sementara itu, pabrikan hypercar asal Ängelholm Swedia, Koenigsegg dikabarkan akan hadir dalam waktu dekat di Indonesia. Koenigsegg menggandeng dealer spesialis kendaraan mewah asal Jakarta Selatan, TDA sebagai APM Koenigsegg di tanah air.

“Kami merasa terhomat dengan penunjukan sebagai APM Brand Koenigsegg  ini yang akan menambah portfolio kami, disamping itu dengan pengalaman kami di segmen mobil sportcar dan supercar akan memperkuat posisi kami di industry otomotif Indonesia,” Ujar Welly, CEO dari TDA yang kami kutip dari Otodriver.

TDA akan bertanggung jawab atas seluruh penjualan mobil Koenigsegg di Indonesia, termasuk layanan purna jualnya. Hal itu ditandai dengan kehadiran Koenigsegg Gemera di Indonesia pada 19 Maret mendatang.

Koenigsegg Gemera sendiri merupakan mobil Mega-GT yang ditujukkan bagi keluarga dengan konfigurasi empat kursi dengan kapasitas bagasi yang cukup besar.

Koenigsegg Gemera, Hypercar yang dirancang khusus untuk Keluarga (Otodriver)

Penumpang tidak perlu menunduk saat keluar pintu dikarenakan Gemera memiliki pintu dehidral yang panjang. Gemera juga memiliki kapasitas bagasi yang besar karena bisa dimuat dengan tiga koper cabin size, Jok belakang dilengkapi dengan 4 cup holder, wireless charging untuk smartphone, serta infotainment tersendiri.

Mesin Tiny Friendly Giant (TFG) yang dipasang di Gemera merupakan mesin 3 silinder 2.000cc twin turbo yang menghasilkan tenaga 600 HP dan torsi 600 Nm. Mesin ini dibekali teknologi katup canggih dan powertrain berteknologi plug-in hybrid, disertai motor listrik yang memberikan ekstra output sebesar 1.100 hp.

Secara total, Gemera menghasilkan tenaga 1.700 hp dan torsi 3.500 Nm, yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 1,9 detik dengan top speed lebih dari 400 km/jam.

Gemera hanya akan dijual secara terbatas, yaitu 300 unit saja diseluruh dunia.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.