[Mobil Baru Pekan Ini] Toyota Voxy 2022 Kini Menyapa Indonesia!

Otomotif 17 Feb 2022
Voxy Baru dengan wajah yang lebih "wangy" ketimbang sebelumnya. (Toyota Global via Archyworldys)

Sebulan sejak kemunculan perdananya di Jepang (yang berbarengan dengan rilisnya Fortuner 2.8 dan Land Cruiser 300 di Indonesia), Toyota Astra Motor, selaku ATPM Toyota di Indonesia resmi memboyong All New Voxy pada sore tadi (17/02). All New Voxy ini hadir dengan berbagai fitur yang lebih canggih dibanding sebelumnya.

Toyota Voxy sendiri diluncurkan di Indonesia pada 10 Agustus 2017, sebagai pengganti Toyota NAV1 (Noah) yang penjualannya kurang begitu diminati. Dihadirkan di kelas diantara Kijang Innova dan Alphard, Voxy hadir dengan fitur yang cukup mewah dan canggih layaknya Alphard namun dengan harga yang sedikit lebih mahal dari Kijang Innova.

Toyota Nav1 yang pernah dijual di Tanah Air, bukan dibaca sebagai NAVI ya...

Secara global, Voxy yang diluncurkan sore ini merupakan generasi keempat, bersamaan dengan saudara sebasisnya, Noah. Namun, tak seperti di generasi sebelumnya, Voxy dan Noah tidak hadir dengan satu saudaranya, Esquire, yang hadir lebih mewah dari Voxy dan Noah.

Fun Fact : Di Jepang sendiri, Voxy generasi sebelum 2022 dijual dalam beberapa varian. Salah satu yang paling "indah" secara penamaan varian ialah ZS Kirameki yang mengingatkan kami dengan salah satu lagu penutup dari Shigatsu wa Kimi no Uso.

Kembali ke Voxy Baru spek Indonesia, ia hadir dengan berbagai fitur baru yang jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Mulai dari desain yang terlihat mewah nan futuristis, hingga pengunaan sasis TNGA 2.0 (lebih tepatnya, TNGA-C)  yang satu basis dengan Corolla Altis, Corolla Cross dan CH-R yang membuat pengalaman berkendara menjadi jauh lebih menyenangkan.

Mesinnya sendiri menggunakan mesin Dynamic Force berkode M20A-FKS dengan tenaga sebesar 168 HP (170 PS) dan torsi 202 Nm, yang disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT. Sayangnya, untuk spek Indonesia, Voxy masih tidak mempunyai varian Hybrid seperti di Jepang.

Selain sasis dan mesin baru, Voxy baru juga hadir dengan berbagai fitur-fitur yang jauh lebih canggih, semisal dual sliding door with kick sensor, power back door dengan side button, sistem keselamatan Toyota Safety Sense dengan Dynamic Radar Cruise Control, Panoramic View Monitor, Wireless Charging, Rear Seat Entertainment, rem parkir elektrik, panel instrumen LCD berukuran 7 inch dengan head-up display, dan lain sebagainya. Sayangnya, dual sunroof yang hadir di generasi sebelumnya harus absen di generasi ini.

Dengan segala fitur canggih dan desain yang mewah, lantas berapa sih harga Voxy terbaru ini? Ia dibanderol lebih mahal 48 jutaan ketimbang generasi sebelumnya, lebih tepatnya di harga Rp.558.200.000 OTR Jakarta.

Ya dengan kenaikan harga sekitar 48 jutaan dari generasi sebelumnya, kalian bakal mendapatkan sebuah Voxy baru dengan seabrek fitur + desain yang lebih "wangy wangy" daripada Voxy sebelum ini, meskipun tidak ada dual sunroof seperti di generasi sebelum ini.

Bagaimana MedForians, tertarik memiliki Toyota Voxy terbaru?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.