Sarat Unsur Penipuan, Itch.io Tolak Keras NFT

Gaming 8 Feb 2022

Meskipun dilanda berbagai kontroversi atas eksistensi terhadap non-fungible token atau NFT, itu tidak menghentikan berbagai perusahaan video game besar seperti Ubisoft, Square Enix, dan EA untuk menggenjot penggunaan NFT.

Namun disisi lain, produsen marketplace sangat menentang keberadaan NFT ini. Valve misalnya, yang melarang keberadaan NFT, cryptocurrency, dan blockchain dalam game yang dijual melalui Steam. Kali ini, Itch.io - marketplace yang dikhususkan untuk game indie dari berbagai developer kecil juga menyatakan kecaman serupa.

Sarat Unsur Penipuan

Itch.io melansir pernyataan melaui akun Twitter mereka akhir pekan lalu mengenai penolakan terhadap NFT dan menyebut sebagai salah satu bentuk penipuan.

“Beberapa bertanya akan pendapat kami tentang NFT.
NFT adalah pembohongan. Apabila kamu benar-benar berpikir mereka [NFT] itu memang ada gunanya selain dari eksploitasi kreator, pembohongan finansial, dan juga perusak planet maka kami meminta kamu untuk segera mengevaluasi kembali hidupmu.”
"Lalu juga 'Mengecam' segala perusahaan yang mendukung para kreator yang melakukan endorse NFT dengan segala cara. Mereka hanya peduli dengan profit mereka sendiri dan kesempatan untuk memperkaya diri dibandingkan yang lain.
Apalagi dengan maraknya berbagai wacana yang membahas permasalahan NFT itu sendiri."

Pernyataan dari marketplace seperti itch.io ini bukan tanpa alasan, apalagi NFT sendiri memang dilanda oleh berbagai kasus yang tidak mengenakkan seperti pencurian aset, nilai mata uang yang tidak jelas, masalah sekuritas, dan masih banyak lagi.

Secara konsep memang bagus, dimana NFT bisa memberikan kesempatan bagi para artis digital untuk mempromosikan maupun menjual karya seni mereka secara langsung. Namun dalam prakteknya sendiri pasar NFT sendiri lebih didominasi oleh para artis yang mementingkan nama daripada kualitas karya itu sendiri serta pencuri aset milik orang lain.

Apalagi itch.io lebih difokuskan untuk para developer indie kecil tanpa sokongan dana besar seperti di Steam, sehingga NFT tidak dapat diterima dengan baik pada platform tersebut.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)