Steam Terapkan Kebijakan Diskon Baru, Kurangi Durasi dan Pembatasan Sampai 90%

Gaming 22 Feb 2022

Platform game store besutan Valve - Steam seakan sudah menjadi pilihan pertama para gamer untuk berburu game impiannya. Bukan hanya karena jumlah game yang tersedia tergolong masif, namun juga karena Steam rajin memberikan penawaran menarik dengan potongan diskon pada game yang populer.

Namun baru-baru ini, Steam mengeluarkan kebijakan baru mengenai potongan diskon ini, dan ada alasan dibaliknya.

Durasi Diskon Dikurangi dan Dibatasi Sampai 90%

Dilansir dari laman Steamworks Documentation yang dikhususkan untuk pihak developer, ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Steam perihal diskon, lebih kepada durasi dan besaran diskon itu sendiri yang lebih berfokus pada "cooldown period".

Foto: Steamworks Documentation

Pertama, durasi diskon dikurangi dari maksimal 6 minggu menjadi 4 minggu (28 hari). Aturan tersebut berlaku untuk segala macam jenis diskon, kecuali pada promo tahunan yang diselenggarakan oleh Steam seperti Lunar New Year, Summer, Autumn, dan Winter Sale.

Durasi diskon 28 hari itu sudah memiliki beberapa larangan, seperti larangan diskon setelah game dirilis, setelah diskon peluncuran suatu game berakhir, atau setelah harga game tersebut dinaikkan.

Kedua adalah batasan besaran diskon. Valve membatasi developer untuk tidak boleh memberikan diskon di atas 90% maupun yang terlalu rendah di bawah 10%. Satu lagi, diskon khusus tidak boleh berjalan lebih dari dua minggu atau kurang dari satu hari.

Tidak ada alasan pasti dari perubahan kebijakan diskon tersebut, namun banyak yang beranggapan bahwa kebijakan ini untuk mengurangi shovelware yang menjadi masalah klasik pada Steam, dan juga mendorong developer untuk tidak memberikan diskon seadanya hanya untuk sekedar tampil di laman Steam Sale.

Kalian bisa membacanya pengumuman kebijakan diskon Valve disini. Kebijakan baru ini akan efektif pada per tanggal 28 Maret 2022 mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)