Dari Apple Peek Performance Event 2022 : iPhone SE, iPad Air dan Mac Studio

Teknologi 9 Mar 2022

Pada 8 Maret kemarin, Apple menyelenggarakan gelaran Apple Peek Performance Event dengan berbagai produk baru yang diumumkan disana. Lalu, seperti apa produk baru yang diumumkan Apple pada Apple Event kemarin?

Ringkasan

  • Apple memperbarui jeroan iPhone SE dengan prosesor A15 Bionic dan 5G
  • Apple juga menghadirkan 2 warna baru untuk iPhone 13
  • iOS 15.4 akan hadir pekan depan
  • iPad Air hadir dengan Apple M1 chip
  • Apple memperkenalkan Mac Studio dengan chipset M1 Ultra
  • Selain Mac Studio, Apple turut memperkenalkan Studio Display
  • Apple menghentikan penjualan iMac 27 inci versi Intel, bersamaan dengan lahirnya Mac Studio dan Studio Display

iPhone SE 2022 - iPhone 13 'Berbalut' iPhone 8

Apple Event tahun ini dibuka dengan hadirnya generasi ketiga dari iPhone SE, yang memiliki desain yang tak jauh beda dari generasi sebelumnya. Ya, secara desain, ia masih menggunakan basis model iPhone 8 dengan tombol bulat di depan dan tentunya notch-less.

Tapi apa yang membedakannya dengan iPhone SE generasi sebelumnya? Ada bayak perbedaan di jeroannya! Sebut saja chipset A15 Bionic yang digunakan di keluarga iPhone 13, model yang mendukung jaringan 5G, sistem kamera baru yang memiliki fitur yang bisa kamu temui juga di iPhone 13 termasuk Smart HDR 4 dan Deep Fusion.

Pre-order iPhone SE baru ini akan dibuka pada 11 Maret mendatang, dan akan tersedia di toko mulai 18 Maret. Nantinya, ia dijual $30 lebih mahal dari pendahulunya, yakni $429 atau sekitar 6,1 jutaan rupiah.

Dan bicara soal iPhone 13, ia juga mendapatkan update warna baru di Apple Event tahun ini, yakni warna hijau. Lebih tepatnya, Unnamed Dark Green untuk iPhone 13 dan Alpine Green untuk iPhone 13 Pro.

Dan satu hal lagi, iOS 15.4 dengan peningkatan di fungsi Face ID yang memungkinkan pengguna untuk membuka perangkatnya dengan face unlock meski dengan masker yang terpasang di wajah akan hadir pekan depan.

iPad Air dengan Chipset Apple M1

Setelah iPhone SE, Apple juga menghadirkan improvement dari iPad Air. Improvement tersebut merupakan minor refresh yang menghadirkan beberapa upgrade yang cukup berguna.

Salah satunya ialah sensor kamera depan baru yang mendukung fitur Center Stage yang memungkinkan objek berada didepan frame selama panggilan FaceTime. Selain itu, ia hadir dengan chipset Apple M1 yang sama seperti di iPad Pro 2021, tentunya dengan modem 5G secara opsional.

Kinerja dari chipset M1 di iPad Air diklaim akan meningkatkan kinerja perangkat, efisiensi daya yang luar biasa serta masa pakai baterai sepanjang hari. Dengan CPU 8 Core nya, kinerja dari iPad Air ini disebut 60 persen lebih kencang begitupun kinerja grafis yang meningkat 2x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk bagian kamera, iPad Air dibekali kamera depan Ultra-wide angle sebesar 12MP dengan fitur Center Stage, dan kamera 12MP di bagian belakang yang mampu mengambil foto dan video beresolusi 4K. Tak hanya itu, kamera belakangnya juga bisa untuk scan document, dan pengalaman AR yang luar biasa.

Mac Studio dan Studio Display

Dan tibalah kita di menu utama di Apple Event tahun ini, the Mac Studio and Studio Display. Sebuah dekstop kelas profesional yang menghadirkan prosesor paling bertenaga dari Apple.

Mengapa disebut demikian? karena Apple menghadirkan chipset baru mereka, the M1 Ultra, yang diklaim 60 persen lebih kencang dari Mac Pro dengan prosesor 28 core Intel dalam tugas-tugas CPU. Diluar performa, ia memiliki port I/O yang cukup lengkap, dari koneksi Thunderbolt 4, dua port USB A, HDMI, Ethernet 10Gbps, bahkan sampai slot kartu SD dan dua konektor USB C pun ada di Mac Studio.

Selain itu, Mac Studio pun juga hadir dengan sebuah monitor 17 inci bernama Studio Display. Ia hadir dengan panel Retina 5K dengan kecerahan 600 nits dan cakupan gamut warna P3.

Ia juga memiliki prosesor A13 built-in, sistem suara enam speaker dan kamera 12 megapiksel dengan Center Stage.

Mac Studio dijual mulai dari $2.000 atau 28,6 jutaan rupiah  hinggan $7,999 atau sekitar 114,5 jutaan rupiah lengkap dengan periferal dan display yang cocok. Sementara Studio Display nya itu sendiri dibanderol mulai $1.599 atau sekitar 22,9 jutaan rupiah dan ekstra $400 atau sekitar 5,7 jutaan untuk dudukan yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Dengan kehadiran Mac Studio dan Studio Display, maka Apple di saat itu pula menghentikan penjualan iMac 27 inci versi Intel. Jadi, kini kamu harus memilih Mac Studio Setup atau iMac 24 inchi dengan chipset M1.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Di antara dengan Dio Puja Altha

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.