[Fokus] Lima Mobil yang Ikonik Berkat Franchise Gran Turismo

Gaming 9 Mar 2022

Sudah 25 tahun sejak Sony merilis Gran Turismo pertama kali pada tahun 1997, sebagai game fenomenal yang bahkan memberikan pengaruh di dunia motorsport di masa setelahnya, sekaligus game PlayStation 1 terlaris sepanjang masa.

Seiring berjalannya waktu, Gran Turismo masih tetap membawakan balapan realisme ke PlayStation dengan ragam pilihan mobil yang sangat luas. Evolusi Gran Turismo juga melahirkan beberapa mobil ikonik yang sampai mendapatkan 'cult status' karena kehadirannya di franchise besutan Polyphony Digital ini, sekaligus di dunia nyata.

Berikut pilihan mobil dari #MedForSquad yang tenar berkat kehadiran Gran Turismo.

1. Suzuki Escudo Pikes Peak Version

Foto: Gran Turismo Wiki

Mungkin inilah mobil pertama yang mendapatkan ketenarannya berkat Gran Turismo. Suzuki Escudo Pikes Peak Version lahir dari ajang "The Pikes Peak International Hillclimb", salah satu lomba hillclimb paling prestisius yang diselenggarakan di Colorado, AS.

Versi yang satu ini adalah edisi 1996, dipiloti oleh sang legenda Nobuhiro "Monster" Tajima yang telah memenangkan Pikes Peak setahun sebelumnya. Dipersenjatai oleh mesin H25A 2.5-liter twin-turbo dengan tenaga 981 hp dan all-wheel-drive.

Suzuki Escudo Pikes Peak Version pertama kali muncul di Gran Turismo 2, dan dikenang oleh para gamer sebagai "Nuclear Option" karena sangat "overpowered" dan bisa mengalah mobil apa saja di dalam game, bahkan mobil ini sudah dianggap sebagai 'cheat'.

2. Nissan CALSONIC Skyline GT-R '93

Foto: Gran Turismo Wiki

Nissan membangkitkan kembali nama Skyline GT-R setelah tidak digunakan sejak tahun 1973 dengan satu tujuan - mendominasi balap turing Group A pada 90-an.

Berbekal RB26DETT 2.6-liter Twin Turbo dan all-wheel-drive ATTESA E-TS, hasilnya luar biasa, Skyline GT-R generasi ketiga berkode "BNR32" ini langsung mendominasi Bathrust 1000, 24 Hours of Spa, dan dominasi terhebatnya ini adalah menjuarai semua seri di Japan Touring Car Championship dari 1990 sampai 1993 dengan Skyline GT-R dengan laburan livery Calsonic Nissan, dikendarai oleh Masahiko Kageyama, Kazuyoshi Hoshino. Lalu mobil yang sama juga digunakan Anders Olofsson di ajang 24 Hours of Spa.

Calsonic Skyline GT-R pertama kali hadir di Gran Turismo 4 dengan mengambil spesifikasi tahun 1993, lalu berlanjut hingga iterasi kelima dan keenam.

3. Toyota Castrol TOM's Supra (JGTC)

Foto: Gran Turismo Wiki

Selanjutnya adalah Toyota Castrol TOM's Supra, dibangun sebagai kompetitor di ajang Japan Grand Touring Car Championship (JGTC) dan salah satu kontestan yang bisa mematahkan dominasi Nissan Skyline GT-R dengan kemenangan pada musim 1997.

Memulai debutnya di musim 1995, Castrol Tom's Supra dilaburi dengan warna putih, merah, dan hijau yang juga digunakan pada program WRC pada kurun waktu yang sama. Yang paling menarik dari Supra ini adalah mesinnya - 2.0-litre Turbo 3S-GTE alih-alih 3.0-liter Twin-Turbo 2JZ-GTE pada versi reguler. FYI, mesin 3S-GTE juga merupakan mesin yang sama digunakan pada Celica GT-Four di ajang WRC dan Celica IMSA.

Di Gran Turismo, Castrol Tom's Supra hadir dalam beberapa edisi yang berbeda. Versi musim 1996 hadir di Gran Turismo dan Gran Turismo 2. Versi musim 1997 pertama kali muncul di Gran Turismo 5 dan iterasi setelahnya. Versi musim 1999 hanya hadir di Gran Turismo 2, dan versi musim 2000 yang pertama kali hadir di Gran Turismo 3:A-Spec.

4. Ford GT LM Race Car Spec II

Foto: Gran Turismo Wiki

Ford GT hadir pertama kali dalam bentuk konsep pada tahun 2002 sebagai bentuk perayaan kemenangan Ford GT40 di ajang 24 Hours of LeMans pada tahun 1960-an, dan mulai masuk produksi pada tahun 2004.

Polyphony Digital, developer dari Gran Turismo juga ikut merayakan dengan merilis dua mobil balap fiksi dengan basis Ford GT, dinamai Ford GT LM Race Car dan Ford GT LM Race Car Spec II.

Namun Ford GT LM Race Car Spec II menjadi yang paling spesial karena merupakan "hero car" pertama di franchise Gran Turismo dan mendapatkan cover art tersendiri. Intro pembuka dari Gran Turismo 4, dibintangi oleh Ford GT LM Race Car Spec II juga salah satu intro pembuka terbaik dari franchise.

5. Nissan GT-R R35

Foto: Motor1.com

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2007, Nissan GT-R R35 sudah mendapatkan "cult status" tersendiri melalui kehadirannya di Gran Turismo 5 Prologue sebagai "hero car". Keunikan dari Nissan GT-R R35 di Gran Turismo 5 Prologue adalah untuk pertama kalinya pabrikan mobil menggunakan video game sebagai sarana peluncuran produknya.

Nissan GT-R pertama kali muncul pertama kali sebagai "Nissan GT-R Black Mask" dengan kamuflase melalui versi demo yang dapat dimainkan secara gratis sebelum peluncurannya pada 2007 Tokyo Motor Show. Bahkan ajang peluncuran juga dilakukan melalui game Gran Turismo GT-TV. Kalian bisa melihat cutscene singkat dari kanal Youtube Gran Turismo TV berikut.

Pada versi demo Jepang, versi final dari GT-R R35 dirilis menggantikan versi Black Mask tepat pada hari peluncurannya pada 23 Oktober 2007 silam. Meskipun begitu, GT-R Black Mask masih tersedia di Gran Turismo 5 Prologue versi publik melalui menu rahasia di dalam game.

Tentu trik peluncuran mobil melalui video game seperti yang dilakukan oleh Nissan ikut ditiru oleh pabrikan lain. Chevrolet misalnya, yang juga merilis prototipe dari Corvette C7 dan versi produksi pada Gran Turismo 6. Ford dan Porsche juga melakukan hal yang sama - memanfaatkan peluncuran game yakni Forza Motorsport 6 dan Forza Motorsport 7 untuk meluncurkan Ford GT dan Porsche 911 GT2 RS.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)