Fortuner GR Sport dan Land Cruiser 300 merupakan mobil diesel Toyota yang akan menerapkan kebijakan bahan bakar diesel Euro 4 mulai April 2022.

Harga Mobil Diesel Toyota Akan Naik Lagi Karena Euro 4

Otomotif 8 Mar 2022

Per April 2022 besok, seluruh kendaraan berbahan bakar diesel yang dijual di Indonesia sudah harus berstandar emisi Euro 4 sebagaimana kendaraan bensin yang sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya. Meskipun kebijakan ini semestinya diberlakukan sejak tahun lalu, namun karena kondisi pandemi COVID-19, kebijakan ini pun ditunda sampai setahun lamanya.

Oleh karenanya, semua jenama yang menjual kendaraan berbahan bakar diesel di Indonesia harus mendukung kebijakan pemerintah tersebut, termasuk Toyota yang memiliki berbagai produk bermesin diesel seperti halnya Innova, Fortuner, Hilux, Hiace, Land Cruiser dan Dyna. Dan karena kebijakan Euro 4 itulah, mulai bulan depan, semua produk Toyota bermesin diesel akan mengalami kenaikan harga.

Mengutip dari instagram Indra Fathan, kenaikan harga ini dimulai dari Hilux yang mengalami kenaikan 6 juta rupiah, lalu Innova yang naik 7 juta rupiah, pun begitu dengan Fortuner yang mengalami kenaikan harga yang sama dengan Innova, yakni sebesar 7 juta rupiah. Sementara Land Cruiser 300 naik 7,2 juta rupiah, Hiace naik 12 juta rupiah untuk varian Premio dan 17 juta rupiah untuk varian Commuter.

Estimasi kenaikan mobil diesel Toyota per April 2022 esok (via Indra Fathan di Instagram)

Dan produk diesel Toyota yang mengalami kenaikan tertinggi ialah truk Dyna yang naik 23-33,3 juta rupiah. Dan sekali lagi, kenaikan harga ini berlaku untuk semua mobil diesel Toyota yang sudah berstandar Euro 4 pada April 2022 nanti.

Selain kenaikan harga tersebut, kebijakan Euro 4 ini juga membuat pembeli mobil diesel Toyota wajib menggunakan bahan bakar diesel berstandar Euro 4 seperti Pertamina Dex. Terlebih, garansi resmi TAM tidak akan mencakup kerusakan atau masalah pada mobil konsumen akibat menggunakan BBM diesel yang tidak berstandar Euro 4.

Karenanya, konsumen akan diwajibkan menandatangani Fuel Agreement atau perjanjian untuk menggunakan BBM diesel berstandar Euro 4 saat SPK dan di booklet servis. Kewajiban ini berlaku untuk konsumen mobil diesel mulai April besok.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.