Komparasi SUV Crossover 400 Juta-an : Honda HR-V SE vs Hyundai Creta Prime

Otomotif 27 Mar 2022

Pada saat peluncuran Honda HR-V kemarin, kami agak terkejut dengan strategi pemasangan harga yang dilakukan Honda pada SUV Crossover andalan mereka yang dijual selama 7 tahun ini. Salah satunya ialah varian SE, yang dibanderol dengan harga yang cuma berbeda 900 ribu berbanding pesaingnya, Hyundai Creta Prime.

Lantas, dengan harga yang sama-sama dibanderol 399 jutaan, apa fitur yang dihadirkan dari kedua mobil yang sama-sama beremblem H ini? Kami mengkomparasikan kedua mobil ini sebagai panduan kalian jika kalian bingung dalam memilih salah satu dari kedua mobil ini.

Sebagai informasi, harga HR-V SE dibanderol Rp. 399,9 juta dan Creta Prime dibanderol Rp. 399 juta dengan opsi dual-tone roof.

Desain Eksterior

Dari segi desain, Creta memiliki desain fascia depan yang cukup berani dan tampil nyentrik berkat desain grille yang menyatu dengan lampu DRL layaknya Hyundai Tuscon terbaru. Sementara HR-V memiliki desain fascia depan yang tak seberani Creta tapi masih terlihat nice to look berkat desain grille yang sewarna body serta penggunaan lampu depan LED dengan sequential turning light yang membuatnya terlihat tak kalah modern dibanding Creta.

Dari samping, HR-V memiliki keunikan desain yang terlihat seperti coupe SUV dengan penempatan door handle di pintu penumpang belakang yang ditempatkan di samping kaca, membuat tampilan HR-V terlihat seperti mobil dengan 2 pintu penumpang. Sementara Creta terlihat seperti mobil-mobil SUV pada umumnya dengan pengunaan warna two tone yang membuatnya terlihat cukup atraktif.

Sementara di bagian belakang, Creta masih membawa keunikan di desain lampu belakangnya yang bukan selera semua orang, tapi berbeda dengan Creta, HR-V justru bermain aman dengan desain lampu belakang yang bagi sebagian orang mirip dengan Toyota Harrier. Dan satu hal lagi, di HR-V, lampu belakangnya dikasih semacam 3D depth effect yang membuat tampilan belakangnya tetap terlihat keren.

Interior dan Fitur Didalamnya

Di segi interior dan fitur didalamnya, Creta sedikit lebih unggul dengan banyaknya fitur-fitur menarik didalamnya. Sebut saja panoramic sunroof yang bisa dibuka, pengisi daya nirkabel, air purifier, ambient light, speedometer full TFT display, ventilated seat, serta 8 speaker dari BOSE.

Sementara HR-V punya beberapa keunggulan lain seperti electrostatic touch LED map light, air diffusion outlet, serta AC dengan heater. Sisanya memiliki fitur yang relatif sama antara satu sama lain, misal head unit 8 inchi dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, rem parkir elektrik dengan auto hold, serta pengunaan bahan kulit di joknya (meskipun di Creta menggunakan full kulit sementara HR-V menggunakan kombinasi kulit dengan fabric).

Fitur Keselamatan

Secara bawaan, kedua mobil ini hadir dengan airbag (4 Airbag di HR-V dan 6 Airbag di Creta), kamera belakang, stability control, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist dan sensor parkir, kedua mobil ini mempunyai perbedaan di beberapa hal safety.

Hyundai SmartSense milik Creta dan Honda Sensing milik HR-V memang memiliki beberapa fitur yang sama seperti sistem pengereman otomatis, lane keep assist serta auto high beam, namun HR-V lebih mengunggulkan fitur cruise control adaptif serta Honda LaneWatch. Pun begitu dengan Creta yang mengunggulkan blind spot monitoring, safe exit warning dan rear cross traffic collision-avoidance assist.

Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur diatas, ada beberapa keunggulan yang hadir di HR-V maupun di Creta.

Di Creta sendiri ada fitur Hyundai BlueLink yang dapat melacak kendaraan ketika kendaraan dicuri melalui smartphone, dapat melakukan remote engine start menggunakan smartphone, dan berbagai hal lainnya. Serta hadirnya tombol SOS button (yang sebenarnya di HR-V juga ada, tapi tidak tersedia untuk pasar Indonesia) yang berguna saat keadaan darurat.

Sementara di HR-V sendiri punya remote engine start meski menggunakan kunci bawaannya dibanding menggunakan smartphone, konfigurasi jok belakang dengan ultra seat yang berguna saat membawa barang yang tinggi serta Hill Descent Control yang berguna saat mobil melewati turunan.

Kesimpulan

Sampai di kesimpulan, ada beberapa hal yang bisa kami simpulkan dari komparasi di atas.

Jika kalian ingin sebuah SUV dengan desain yang minimalis, fitur keselamatan aktif yang cukup lengkap dan kepraktisan di bagian belakang, HR-V bisa menjadi pilihan yang pas buat kalian. Tapi jika kalian ingin sebuah SUV dengan desain yang berbeda dari SUV lain dengan fitur interior yang cukup komplit serta fitur telemetri yang canggih, Creta bisa menjadi pilihan yang juga pas buat kamu.

Semua ini kembali kepada selera dan kebutuhan kalian ya! Dan cukup sekian komparasi kami kali ini. Jika kalian ada hal yang perlu diralat atau sebatas mengirim kritik dan saran, sila berkomentar dibawah!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.