IONIQ 5 dengan sentuhan modifikasi digital yang terinspirasi dari Iofi (Digimods oleh penulis)

[Mobil Baru Pekan Ini] Hyundai IONIQ 5 : Keren, Canggih dan "OBISA" Diandalkan!

Otomotif 31 Mar 2022

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru saja memperkenalkan mobil listrik pertama mereka yang dirakit secara lokal di pabrik Hyundai Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), yakni IONIQ 5. Mobil yang dirilis di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada Kamis (31/3) ini hadir dengan seabrek fitur canggih yang sangat OBISA diandalkan untuk kehidupan sehari-hari.

Sebut saja V2L, Parametric Pixel dan lain sebagainya yang membuat kalian jadi penasaran dengan fitur-fitur yang kami sebutkan diatas. Langsung saja kita bahas satu per satu disini!

Inti Pembahasan Artikel

  1. IONIQ 5 hadir dengan desain retro layaknya Hyundai Pony Coupe dengan elemen parametric pixel yang membuatnya futuristis
  2. Penggunaan platform modular E-GMP dan wheelbase yang panjang membuat IONIQ 5 mempunyai banyak fitur di interiornya
  3. Fitur Vehicle to Load (V2L) dapat memasok daya sebesar 3,6 kW + Inverter yang dapat menyalakan semua barang elektronik kalian di rumah
  4. IONIQ 5 hadir dalam varian standard range dan long range dengan penggerak roda belakang atau penggerak semua roda dengan dual-motor
  5. IONIQ 5 di Indonesia Hanya hadir dengan varian berpenggerak roda belakang yang dibagi ke varian Prime dan Signature dengan opsi baterai standard range dan long range.
  6. Harga belum diketahui sampai artikel ini ditulis

Estetika Retro yang Berpadu Dengan Hal-hal yang Jenius

Hal yang menjadi spotlight pertama kami dari IONIQ 5 ialah desain eksteriornya yang estetik banget. Meskipun pihak Hyundai menganggap IONIQ 5 ini merupakan CUV (Crossover Utility Vehicle), namun desain retro-estetik yang diilhami oleh Hyundai Pony Coupe dan Hyundai EV 45 concept ini membuat desain IONIQ 5 justru lebih mirip hatchback sekelas Volkswagen Golf tapi dengan dimensi yang sebesar Honda CR-V.

Kalian bakal mengira kalau IONIQ 5 itu adalah sebuah hatchback, padahal ia adalah sebuah Crossover SUV (Hyundai Motor Group)

Tapi, hal estetik itu tidak berhenti sampai disitu, hal estetik lain dari mobil ini justru datang dari penggunaan elemen piksel yang mereka sebut sebagai Parametric Pixel. FYI, elemen parametric pixel ini sebenarnya juga sudah dipakai di Hyundai Staria yang dijual di Indonesia.

Elemen piksel yang hadir di IONIQ 5 ini meliputi lampu depan yang berbentuk seperti 2 huruf U dengan dinding pixel didalamnya, serta lampu belakang yang memanjang dari kiri ke kanan. Penggunaan elemen piksel tersebut menghasilkan kesan futuristis yang berpadu dengan nuansa retro yang berdampak pada tampilan IONIQ 5 yang bisa kami akui sangat keren untuk sebuah kendaraan listrik.

Ingin beristirahat di mobil dengan posisi seperti ini? Di IONIQ 5, hal ini tentunya OBISA! (Hyundai Motor Group)

Interiornya sendiri mempunyai kesan yang lapang berkat pengunaan platform E-GMP Hyundai yang juga dipakai di KIA EV6 dan Genesis GV60, pengunaan sunroof serta jarak sumbu roda 3 meter, yang lebih panjang dari jarak sumbu roda di Hyundai Palisade. Bahkan, saking leganya, Hyundai bisa menyematkan beberapa fitur menarik di interiornya seperti 'Universal Island' sebagai pengganti konsol tengah yang bisa dimaju-mundurkan sejauh 140mm, kursi pengemudi dan penumpang depan dengan relax mode, dan kursi di baris kedua pun bisa digeser ke depan hingga 135mm!

Kokpit IONIQ 5 yang terlihat sederhana tapi cukup modern (Hyundai Motor Group)

Kokpit nya sendiri cukup sederhana dan gampang dioperasikan layaknya mobil biasa, dengan layar 12,3 inch layar sentuh + panel instrumen berukuran yang sama dengan sistem entertainmentnya yang memberi kesan modern. Tak lupa, di samping panel instrumennya ada tempat yang bisa kamu taruh hiasan bermagnet seperti di kulkas kalian, cukup unik memang.

Dan untuk menambah kesan ramah lingkungan, Hyundai bahan yang ramah lingkungan dan bersumber berkelanjutan, seperti botol PET daur ulang, benang nabati (bio PET) dari tebu dan jagung, kulit olahan ramah lingkungan dengan bahan nabati ekstrak, dan cat bio dengan ekstrak tumbuhan seperti bunga lobak atau jagung. Bahan-bahan tersebut bisa kamu temui di dalam interior IONIQ 5, termasuk di trim pintu, sakelar, dan dasbor.

V2L - Fitur yang Membuat IONIQ 5 Menjadi Mobil Listrik Paling "OBISA" Diandalkan Untuk Segala Hal

Fitur yang menjadi nilai jual dari IONIQ 5 ialah kemampuannya menjadi 'powerbank' atau 'pembangkit listrik' berjalan yang bisa diandalkan buat segala hal, baik dikala darurat maupun dikala kalian bepergian jauh ke suatu tempat. Thanks buat fitur Vehicle 2 Load (V2L) yang memungkinkan kalian untuk menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik secara bebas, berfungsi sebagai pengisi daya di atas roda.

Fungsi V2L dapat memasok daya hingga 3,6 kW. Dengan menggunakan konverter, kalian dapat mengisi daya peralatan listrik berdaya tinggi, mulai dari laptop untuk bekerja hingga peralatan rekreasi dan elektronik konsumen. Dengan kata lain, memberikan pengalaman seru yang tak terbatas oleh ruang dan waktu, misal berolahraga di atas treadmill atau menonton film dengan peralatan home theater di hutan bisa dilakukan, seperti yang ditunjukkan dalam teaser IONIQ 5.

Banyak hal yang OBISA dilakukan saat berkemah dengan IONIQ 5! (Youtube Hyundai Worldwide)

Dikala darurat, fitur V2L dapat digunakan tidak hanya sebagai sumber daya darurat jika terjadi kekurangan daya, tetapi juga sebagai sumber energi yang berguna di kota-kota besar. Daya 3.6kW yang disediakan oleh V2L lebih kuat daripada yang digunakan di rumah biasa, dan IONIQ 5 yang terisi penuh dapat memasok daya untuk keluarga beranggotakan empat orang selama sekitar empat hari.

Itu artinya, IONIQ 5 sangat "OBISA" (kalau mengutip perkataan Airani Iofifteen) diandalkan dalam berbagai hal. Mulai dari sebagai alat transportasi hingga menjadi 'powerbank' berjalan yang cukup berguna kalau rumah kalian sering mengalami pemadaman bergilir.

Yang Khas Dari CRETA pun Juga Ada di IONIQ 5

Kalian tentu ingat dengan Hyundai CRETA yang hadir dengan fitur SmartSense dan BlueLink yang cukup menggebrak pasar SUV 400 Jutaan di Indonesia kala itu, dan fitur-fitur itu juga hadir di IONIQ 5. Secara umum, fitur BlueLink dan SmartSense di IONIQ 5 tak berbeda jauh ketimbang yang ada di CRETA yang dijual di Indonesia, hanya saja ada beberapa hal baru di IONIQ 5.

Misal saja cruise control berbasis navigasi atau Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC) dengan stop&go, Highway Driving Assist II dengan teknologi keselamatan otonom level 2 serta Inteligent Speed Limit Assist (ISLA). Tak lupa ada heads-up display yang menampilkan informasi tentang kendaraan, rute peta dan lain sebagainya ke arah kaca depan.

Performa yang Menjanjikan + Jarak Tempuh yang Luar Biasa

Sebagai mobil listrik, IONIQ 5 tentu hadir dengan performa yang cukup menjanjikan berkat torsi instan yang dihasilkan motor listrik bertenaga 125 kW dan torsi 350 Nm (untuk varian standar RWD) serta motor listrik ganda bertenaga 23 kW di depan dan 120 kW di belakang serta torsi 255 Nm di depan dan 350 Nm dibelakang (untuk varian standar AWD). Bagaimana soal 0-100 nya? ia bisa melesat dari nol ke 100 dalam 8.5 detik (untuk varian standar RWD) atau 6.1 detik (untuk varian standar AWD).

IONIQ 5 juga punya jarak tempuh yang bisa mencapai 481 km saat baterai terisi penuh. Thanks buat opsi baterai 72.6 kWh yang membuat IONIQ 5 bisa diajak jalan cukup jauh.

Di Korea Selatan, kamu bisa mengisi daya IONIQ 5 kamu di stasiun pengisian daya ultra-cepat e-pit! (Hyundai Motor Group)

Ditambah kapabilitas pengisian daya yang cepat berkat sistem baterai 800V, membuatnya bisa mengisi daya untuk berkendara sejauh 100 km hanya dalam 5 menit! Ini mendukung pengisian daya hingga 220 kW di stasiun pengisian daya ultra-cepat DC – pengisian daya dari 10 hingga 80% dalam 18 menit.

IONIQ 5 Indo-Spec

IONIQ 5 saat diluncurkan di gelaran IIMS 2022 (Hyundai Motors Indonesia)

Kembali ke gelaran IIMS 2022, Hyundai pun resmi memperkenalkan IONIQ 5 sebagai mobil listrik pertama mereka yang dirakit di Indonesia. Peluncurannya sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak peresmian pabrik HMMI di Cikarang beberapa waktu silam, dan presiden Joko Widodo pun sempat menandatangani IONIQ 5 saat peresmian pabrik tersebut.

IONIQ 5 Indo-Spec hadir dalam satu varia penggerak, yakni RWD, yang kemudian dibagi lagi menjadi 2 varian dengan 2 sub-varian di masing-masing variannya. Varian-varian tersebut antara lain Prime dan Signature dengan opsi baterai standard range 58 kW dengan daya maksimum 170 PS dan torsi 350 Nm atau long range 72,6 kW dengan daya maksimum 217 PS dan torsi 350 Nm.

IONIQ 5 rakitan Cikarang ini juga hadir dengan fitur Hyundai SmartSense, termasuk Smart Cruise Control with Stop & Go, meski bukan yang berbasis Navigasi dengan Highway Driving Assist seperti di luar negeri. Namun kami belum mendapatkan informasi mengenai kehadiran Hyundai BlueLink di IONIQ 5 untuk pasar Indonesia.

Saat artikel ini ditulis, harga IONIQ 5 di Indonesia masih belum dipublikasikan oleh pihak Hyundai, tapi prediksi kami, harganya mungkin di kisaran 700-800 jutaan rupiah. Dan kami akan memperbarui artikel ini saat Hyundai mengumumkan harga resminya nanti.

UPDATE per tanggal 22 April 2022 : Harga resmi IONIQ 5 akhirnya muncul, berkisar antara 718-829 jutaan.

Jadi, apakah kalian tertarik mencoba IONIQ 5? Jangan lupa mampir ke IIMS 2022 untuk mencoba IONIQ 5 disana dari tanggal 31 Maret hingga 10 April mendatang.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.