Mitsubishi Eclipse Cross yang dipotret di Leamington Spa (Wikimedia)

Mitsubishi Eclipse Cross Pamit dari Pasar Otomotif Indonesia

Otomotif 5 Mar 2022

Beberapa hari lalu, ada sesuatu yang berbeda di website Mitsubishi Motors Indonesia, yakni hilangnya salah satu produk mereka di laman web resmi mereka. Dan pihak Mitsubishi Indonesia pun mengkonfirmasi bahwa produk yang menghilang di laman web mereka sudah tidak lagi dipasarkan di tanah air.

Produk yang kami maksud diatas ialah Mitsubishi Eclipse Cross, sebuah SUV crossover yang meluncur pada pameran GIIAS 2019 di ICE BSD. Mobil ini punya desain ala-ala coupe yang cukup nyentrik dibandingkan SUV crossover lain, dan punya fitur yang cukup banyak seperti adanya panoramic roof, fitur keselamatan yang lengkap dan mesin turbo.

Presiden direktur PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura saat memberikan keterangan kepada AutoFun Indonesia pun menjelaskan bahwa sejak Maret 2022, penjualan dan impor Eclipse Cross sudah resmi dihentikan. Salah satu penyebabnya ialah krisis chip semikonduktor.

"Betul, terhitung sejak Maret 2022 kami telah menghentikan impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk pasar Indonesia dikarenakan berbagai macam kondisi dan pertimbangan, termasuk kelangkaan semikonduktor," ujar Nakamura.

Beliau juga mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan model serupa untuk menggantikan posisi Eclipse Cross yang kosong paska penghentian impor dan penjualannya tersebut.

"Saat ini kami mengeksplor dan mempelajari lebih jauh terkait kemungkinan untuk membawa model-model menarik ke segmen tersebut dengan berbekal pengalaman kami bersama Mitsubishi Eclipse Cross," pungkasnya.

Berdasarkan pada data wholesales Gaikindo, MMKSI bisa mendistribusikan 514 unit Eclipse Cross pada awal kemunculannya di tahun 2019. Lalu turun menjadi 243 unit di 2020, dan puncaknya di tahun 2021 kemarin sebanyak 172 unit.

Dan selama Januari-Februari 2022, MMKSI tidak melakukan pencatatan suplai unit ke diler atau wholesales Mitsubishi Eclipse Cross. Bahkan, stok mobil ini di diler Mitsubishi pun sudah tidak ada lagi, sehingga tidak ada kesempatan untuk membeli stok mobil ini yang tersisa di tahun ini.

Selamat Tinggal Eclipse Cross.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.