Seperti Ini Proses Perekaman Suara Mobil untuk Adaptasi Anime MF Ghost

Pop Kultur 26 Mar 2022

Apa yang begitu digandrungi penggemar dari racing anime? Kehadiran berbagai mobil dengan attention to detail yang menawan, aksi wheel-to-wheel, dan bagi sebagian penggemar - suara mobil yang merepresentasi versi dunia nyata terutama jika mobil tersebut berlisensi.

Maksudku, lihat saja aksi balapan di Initial D sebagai contohnya dan dengarkan suara mesin Toyota AE86 atau Mazda RX-7 yang sangat serupa dengan aslinya merupakan daya tarik tersendiri bagi penggemar racing anime.

Nah, sehubungan dengan pengumuman adaptasi anime dari sekuel Initial D - MF Ghost, mungkin kalian penasaran bagaimana dengan proses produksi dari anime balap karya Shuichi Shigeno ini, terutama bagaimana suara mobil direkam untuk digunakan dalam anime?

Begini Proses Perekaman Suaranya

Minggu lalu, media otomotif Jepang, Best Car Web merilis sebuah video proses perekaman suara untuk adapatasi anime MF Ghost yang dilakukan di test track JARI (Japan Automobile Research Institute) pada bulan Desember 2021 silam.

Dalam video tersebut, ada delapan mobil yang terlibat dalam proses perekaman ini, beberapa diantaranya telah tampil di teaser trailer: Toyota 86, Nissan GT-R Nismo, Porsche 718 Cayman S, Porsche 911 GT3, Alfa Romeo 4C, Lotus Exige S, Ferrari 488 GTB, dan Lamborghini Huracan LP610-4 (dalam perekaman digunakan Huracan STO).

Layaknya proses perekaman pada umumnya, tim perekam suara menempatkan perlatan di titik tertentu untuk dilewati mobil agar direkam suaranya. Suara mesin tidak hanya direkam di luar namun juga direkam di balik kap mesin dan interior untuk mendapat feeling suara mesin dari dalam interior.

Bahkan tim mengalokasikan waktu malam hari untuk merekam beberapa hal lain seperti suara pintu, power windows dan bahkan suara tuas girboks demi mendapatkan suara autentik yang dapat digunakan dalam adaptasi anime kedepannya.

Tentang MF Ghost

Shuuichi Shigeno meluncurkan serialisasi MF Ghost melalui majalah Young Magazine pada bulan September 2017 dan mendapatkan tankobon pada bulan Januari 2018. Kodansha sejauh ini telah menerbitkan 13 volume.

MF Ghost mengambil cerita pada tahun 202X, ketika mobil listrik mendominasi jalanan di Jepang menggantikan mobil ICE. Demi melestarikan keberadaan mobil ICE yang mulai punah, Takahashi Ryosuke (dari Initial D) menggelar motorsport seantero Jepang dibawah organisasi besar bertajuk "MFG" yang mendapat banyak perhatian di seluruh dunia.

Cerita berpusat pada Kanata Livington, seorang blasteran Jepang-Inggris yang baru saja pulang ke Jepang dengan tujuan mencari keberadaan ayahnya yang menghilang. Oleh karena itu, dia pun memutuskan untuk berkompetisi di MFG berbekal kemampuan yang diajarkan oleh Fujiwara Takumi (protagonis dari Initial D), seorang pereli sekaligus mentornya selama dia berada di Inggris. Dengan membawa nama "Katagiri Kanata", dia berharap dapat menarik perhatian sang ayah melalui ajang MFG.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)