B is for Build/YouTube

YouTuber Ini Membangun Skyline R34 dengan Sasis GT-R R35, Dinamai "R69 GT-R"

Otomotif 7 Mar 2022

Nissan GT-R R35 bisa dibilang sudah memiliki 'cult status' tersendiri dengan banyak penggemar. Bahkan 15 tahun setelah diperkenalkan pertama kali sejak 2007 masih diminati para penggemar. Tapi para penggemar GT-R mungkin 'kompak' bahwa R35 masih tidak ada apa-apanya dalam hal 'status ikon' dibandingkan pendahulunya - Nissan Skyline GT-R BNR34, membuat beberapa penggemar rela membayar unit bekas BNR34 dengan harga selangit.

Gabungkan Bodi R34 dengan Sasis R35

Tidak habis akal, pada tahun lalu, Chris Steinbacher, YouTuber rebuilder dengan nama B is for Build memutuskan untuk proyek besar berupa menggabungkan sasis dari Nissan GT-R R35 dengan cangkokan bodi dari Skyline R34. Butuh 7 bulan bagi si Youtuber dan timnya untuk menyelesaikan proyeknya tersebut dan hasil luar biasa seperti yang terlihat di bawah ini.

B is for Build/YouTube

Untuk bahannya sendiri, si Youtuber memiliki sebuah Nissan GT-R R35 yang sudah ringsek sebagai mobil donor, dan sebuah Nissan Skyline R34 yang hanya menyisakan bodinya saja, tanpa mesin, transmisi, maupun interior.

Prosesnya sendiri bukan sekedar menempelkan bodi mobil diatas mobil lain diatasnya. Pertama tim melucuti R35 yang ringsek terebut hingga menyisakan sasisnya saja. Lalu R34 juga dilucuti lantai, dan sasinya sehingga menyisakan cangkok bodinya.

Meskipun R34 dan R35 memiliki wheelbase dan track-to-width yang mirip, tim harus memodifikasi sasis R35 secara ekstensif agar bisa dipasangkan bodi R34, itupun harus diberikan custom wide bodykit agar menyesuaikan dengan lebar sasis R35.

Hasilnya R34 tidak hanya mendapatkan mesin dan sistem penggerak dari R35, namun juga interiornya dan semua perintilannya. Bahkan sama sekali tidak terlihat bahwa Skyline R34 ini dibangun dengan sasis dari GT-R R35. Chris pun menamai hasil karyanya dengan nama "R69 GT-R", diambil dari menjumlahkan 34 dan 35, sesuai dengan tema karyanya kali ini.

Saat ini Chris masih melakukan pengerjaan lebih lanjut pada panel interior dan trim pintu. Dia mengestimasikan proyek ini telah menghabiskan sekitar $65.113 (Rp 938 juta) termasuk mobil donor GT-R R35 dan bodi Skyline R34 dan itupun belum termasuk ongkos pengerjaannya.

Memang ongkosnya tidaklah murah tapi dengan hasil yang didapatkan, jelas itu sangat sepadan karena apa yang didapatkan adalah Skyline R34 dengan segala perintilan dari GT-R R35 yang lebih baru.

B is for Build/YouTube

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)